alexametrics

Kontrakan Raja Keraton Sejagat Jadi Tempat Latihan Kanuragan Anggotanya

loading...
A+ A-
SLEMAN - Tim gabungan Polres Purworejo dan Polda Jateng menggeledah rumah kontrakan Toto Santoso Hadiningrat, Raja Keraton Agung Sejagat di Jalan Berjo Pare Dusun Ngabangan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DIY, Rabu kemarin 15 Januari 2020.

Toto Santoso Hadiningrat selama ini mengontrak rumah milik Sutarjo. Hasilnya ternyata tempat ini digunakan anggotanya untuk latihan kanuragan atau kebatinan dengan mengundang guru spiritual. (Baca: Penampakan Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Usai Jadi Tersangka)
Warga Berjo Kulon, Sidolohur, Godean, Deki Rinawan (31) mengatakan, Rabu 15 Januari 2020 sekitar pukul 01.00 WIB memang ada beberapa petugas kepolisian mendatangi rumah kontrakan Toto Santoso untuk mencari bukti-bukti yang berhubungan dengan pendirian Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo

Deki menjelaskan, warga sekitar baru mengetahui kalau Toto Santoso sebagai Raja Keraton Agung Sejagat di Pogung Jurutengah, Bayan, Purworejo setelah ada pemberitaan di media.



"Warga hanya mengetahui di rumah itu pada malam hari ada puluhan orang berkumpul. Rata-rata 20-25 orang dan kalau ada acara tertentu bisa mencapai 50 orang. Mereka yang datang bukan orang Berjo Kulon, melainkan orang dari luar daerah. Apa yang mereka lakukan kami kurang mengetahuinya. Di sini hanya untuk membuat sesuatu dan dibawa ke Purworejo. Seperti membuat penjor dan untuk acara ritual, termasuk pakaian," katanya.

Semenatra dalam penggeledahan yang dipimpin Kasubdit Jatanras Polda Jateng AKBP Gultom didapat sejumlah barang bukti diantaranya; 1 Buah Mesin Ketik, 1 Buah Mesin Laminating, 1 Buah Keris, 1 Buah Kalkulator, 3 Buah Cap Stemple, 7 Buah Buku tabungan BCA (4), Mandiri (2), Simpedes (1) 1 Dus Dokumen, 1 Buah Rak Plastik (Eksel), 1 Buah printer, 1 Buah Laptop, 1 Buah Mesin Edisi (alat cetrak struk pembayaran), 1 Buah Softgun merek Makarov Rusia MP -654K Cal 4,5 T23509760H, 1 Set pakaian Punggawa Kerajaan,13 Buah Kartu Anggota.

Sebelumnya Toto Santoso Hadiningrat, Raja Keraton Agung Sejagat mengklaim sebagai keturunan dari HB VI Kasultanan Yogyakarta dan PB IX Kasunan Surakarta dan masih mempunyai hubungan kerabat dengan Sri Sultan HB X.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top