Zainal Arifin, Guru Bergaji Rp7.000 per Bulan Dapat Beaguru dari Global Zakat-ACT

Rabu, 08 Januari 2020 - 16:00 WIB
Zainal Arifin, Guru Bergaji Rp7.000 per Bulan Dapat Beaguru dari Global Zakat-ACT
Zainal Arifin, Guru Bergaji Rp7.000 per Bulan Dapat Beaguru dari Global Zakat-ACT
A A A
TASIKMALAYA - Guru asal Tasikmalaya yang sudah mengabdi selama 31 tahun dan hanya digaji Rp7.000 per bulan, Zaenal Arifin (54), menerima Beaguru dari Global Zakat-ACT melalui program Sahabat Guru Indonesia (SGI). Global Zakat-ACT juga memberikan bantuan biaya hidup kepada puluhan guru lain di Tasikmalaya.

"Meni kalintang bingahna ieu kenging nu sakieu ageungna kangge abdi pribados. Haturnuhun ACT, mudah-mudah berkah sareng teras neras programnya (Sungguh bahagia tak terkira rasanya saya pribadi mendapat bantuan yang sedemikian besarnya. Terima kasih ACT, semoga berkah dan berkelanjutan programnya)," ungkap Zaenal.

Pelaksanaan program SGI dilaksanakan di Madrasah Al Ikhlas di Desa Cikapinis, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Sembilan puluh penerima manfaat bantuan Beaguru tersebut merupakan guru prasejahtera di Tasikmalaya Selatan, seperti Kecamatan Cikatomas, Karangnunggal, Cikalong, Manonjaya, Cibalong, Bantarkalong, dan Culamega. Mereka telah mengabdi belasan hingga puluhan tahun sebagai guru honorer.

Kepala Cabang Global Zakat - ACT Tasikmalaya Taufik Perdana menerangkan, program Sahabat Guru Indonesia hadir untuk mengapresiasi pengabdian guru-guru Indonesia. Terutama para guru yang tetap semangat dan ikhlas mengabdi di tengah keterbatasannya.

“Seperti kita ketahui, saat ini masih banyak guru yang belum mendapatkan perhatian terkait kesejahteraannya. Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk peduli dan bergerak membantu para guru berdedikasi tersebut melalui program SGI. Karena jasa mereka lah kelak akan lahir dan tumbuh anak-anak yang saleh dan cerdas tumpuan masa depan bangsa,” ungkap Taufik.

Sejak diluncurkan pada November 2019, program Sahabat Guru Indonesia terus memberikan biaya hidup bagi guru prasejahtera di penjuru negeri. Harapannya, program ini menjadi penyemangat guru untuk terus berperan di dunia pendidikan Indonesia.

Dari hasil rekapitulasi tim Global Zakat-ACT, sebanyak 862 guru telah menerima manfaat dari program Beaguru. Angka ini akan terus bertambah seiring dengan pendistribusian bantuan beaguru di sejumlah kota/kabupaten lainnya.

Apiko Joko Mulyono, Penanggung Jawab Pelaksana Program menjelaskan, program Sahabat Guru Indonesia memang hadir untuk guru-guru prasejahtera di Indonesia. “Meski untuk sementara bantuan ini hanya diberikan sekali, kita tentu berikhtiar agar berkelanjutan. Diharapkan bisa menambah motivasi kerja para guru honorer dan guru ngaji untuk terus memberikan inspirasi bagi anak bangsa," terangnya.

ACT mengajak para dermawan memuliakan para guru dengan berdonasi untuk para penyampai ilmu hingga pelosok-pelosok Indonesia. Tunjukkan kepedulianmu dengan berdonasi melalui www.indonesiadermawan.id/SahabatGuruIndonesia #IndonesiaDermawan #SahabatGuruIndonesia.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5279 seconds (0.1#10.140)