Amankan Natal dan Tahun Baru, Kapolda Kepri Beri Arahan di Mapolres Bintan

Jum'at, 20 Desember 2019 - 23:50 WIB
Amankan Natal dan Tahun Baru, Kapolda Kepri Beri Arahan di Mapolres Bintan
Amankan Natal dan Tahun Baru, Kapolda Kepri Beri Arahan di Mapolres Bintan
A A A
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto beserta rombongan Pejabat Utama (PJU) Polda Kepri mengunjungi Mapolres Bintan, Jumat (20/12/2019). Kunjungan kali ini dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2019 yang digelar di Bintan dalam pengamanan Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam kunjungannya ini, Jendral Polisi bintang dua ini langsung memberikan pengarahan kepada para pimpinan dan PJU serta para perwira yang bertugas di Polres Bintan dan Polres Tanjungpinang.

"Terima kasih atas kinerja dan dedikasi pengabdian dari rekan-rekan semua dalam mewujudkan kondisi Kamtibmas di Kepri yang relatif damai dan kondusif, selama pelaksanaan Pam Pilpres dan Pileg 2019 yang lalu. Dan terhitung tanggal 23 Desember 2019 s/d 01 Januari 2020 kita akan melaksanakan Operasi Lilin Seligi 2019 dalam Pam Perayaan Natal 2019 dan pergantian tahun baru 2020. Kedatangan saya ke Polres Bintan untuk melihat sejauh mana kesiapan Pengamanan," terang Andap.

Secara tegas, Andap menyampaikan dalam paparannya setiap anggota harus mengetahui dan memahami tujuan operasi yang menurutnya merupaka kunci keberhasilan operasi. Sehingga, kata dia, Kamtibmas jelang Natal dan pasca Tahun Baru 2020 terwujud dan situasi tetap aman dan kondusif khususnya di wilayah Kepri.

"Terpenting setiap anggota mengetahui Renops, Kirka, Cara Bertindak dan Target Operasi. Satukan hati, pikiran dan teguhkan komitmen sehingga menjadi satu persepsi dan satu langkah untuk meberikan pengabdian terbaik kepada Masyarakat Indonesia khususnya di Kepri," ucap Andap.

Dia melanjutkan, implementasikan pelaksanaan dalam operasi Lilin seligi 2019 dihadapkan sesuai dengan Rencana operasi yamg sudah termenegerial dengan baik dan juga dengan menggunakan atau berdasr pada data yang valid, analisa yang tepatdan perkiraan atau rediksi yang matang.

"Perencanaan yang baik tidak akan pernah mengkhianati hasil. Dalam perencanaan data harus valid misalnya Gereja, Destinasi Wisata, Pelabuhan, Sentra Wisata, tempat hiburan tempat-tempat keramaian, Tranportasi, dan catatan penting lain termasuk kesiapan hadapi kontijensi semua harus valid," ujarnya.

Selain itu, Andap menambahkan, setiap pimpinan di wilayah masing-masing mengorganisasikan rencana operasional dengan baik sampai dengan mengorganisasikan mekanisme pengawasan dalam sehingga tujuan Ops lilin 2019 terwujud. Dia juga meminta segala sesuatunya harus siap dalam pelaksanaan Ops Lilin 2019 yakni kesiapanap personil, sarana prasarana, dukung anggaran, Sinergitas, dan kesiapan Kontijensi.

"Harus mengetahui data faktual di tempat kita masing-masing bertugas dan juga intens ikuti perkembangan situasi terkini baik Global, regional dan Nasional.

"Posyan, Pospam, Posdu harus tergelar sesuai kebutuhan Masyarakat. Saya ingatkan Operasi ini adalah Operasi Kemanusian, laksanakan dengan baik tanpa cela. Dan ukuran keberhasilan dalam operasi ini adalah tidak terjadi fatalitas Laka Korban yang meninggal duni, tidak ada Masyarakat maupun petugas Pam jadi korban kejahatan dan juga masyarakat tidak takut melaksanakan ibadah, rekreasi dna melaksanakan aktifitasnya sehari-hari," pungkas Andap.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6350 seconds (0.1#10.140)