Kapal Pesiar Inggris Tabrak Karang di Perairan Pulau Wayag Raja Ampat

Kamis, 19 Desember 2019 - 20:30 WIB
Kapal Pesiar Inggris Tabrak Karang di Perairan Pulau Wayag Raja Ampat
Kapal Pesiar Inggris Tabrak Karang di Perairan Pulau Wayag Raja Ampat
A A A
RAJA AMPAT - Kapal pesiar mewah Aqua Blu berbendera Inggris menabrak karang dan kandas di kepulauan Wayag, Distrik Waigeo Barat Darata, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Rabu 18 Desember 2019.

Informasi kapal pesiar kandas seusai menabrak karang di Raja Ampat tersebut tersiar melalui akun facebook bernama charles Toto, Kamis (18/12/2019). Dalam facebooknya, Chato juga menyertakan sebuah video yang menampilkan sebuah kapal yang sedang kandas.

Charles Toto membenarkan kejadian tersebut. Dia bahkan mengaku berada di lokasi dan melihat sendiri kapal pesiar Aqua Blu kandas. “Iya benar, kemarin kami dari sana,” jelasnya.

Dia menuturkan kapal perang Inggris yang diubah jadi kapal pesiar (Aqua Blu) dari kepulauan Komodo dan kandas di atas karang di kepulauan Wayag yang menjadi destinasi paling top di Raja Ampat. “Semoga sudah ditarik keluar dan semoga hal ini tidak terulang lagi,” ujar Charles Toto.

Chato sapaan akrab Charles Toto menduga kapal tersebut kandas karena awak kapal kurang menguasai perairan di kepulauan Wayag. Menurut dia, seharusnya ada pendampingan dari warga setempat yang benar-benar menguasai perairan tersebut.

Seorang penjaga pantai perairan pulau Wayag dari staf Penjangkauan Pulau Wisata BLUD UPDT Raja Ampat, Tinus Arempele mengatakan, kapal pesiar tersebut kandas karena menabrak reef (karang) di depan pulau Wayag yang menjadi ikon wisata terkenal di dunia. Kapal tersebut membawa puluhan turis asing yang hendak menikmati keindahan alam Raja Ampat di pulau Wayag.

" Iya betul, kapal itu masuk di wilayah pulau Wayag sekitar pukul dua siang, lalu kandas karena tabrak reef atau karang panjang di depan pulau Wayag tepatnya di depan puncak Wayag 1," ungkap Tinus kepada Sindonews.com, Kamis (19/12/2019).
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8890 seconds (0.1#10.140)