Resahkan Warga, Dinas Pemadam Kebakaran Kediri Musnahkan Sarang Tawon Vespa Affinis

Selasa, 10 Desember 2019 - 16:14 WIB
Resahkan Warga, Dinas Pemadam Kebakaran Kediri Musnahkan Sarang Tawon Vespa Affinis
Resahkan Warga, Dinas Pemadam Kebakaran Kediri Musnahkan Sarang Tawon Vespa Affinis
A A A
KEDIRI - Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kediri, Jawa Timur memusnahkan tiga sarang tawon raksasa jenis vespa affinis yang berada di pemukiman warga, Selasa (10/12/2019). Pembasmian ini dilakukan karena keberadaan sarang tawon meresahkan warga karena tergolong memiliki sengatan yang ganas. Pembasmian ini dilakukan dengan cara dibakar serta disemprot air bertekanan tinggi. (Baca: Petugas Pemadam Kebakaran Evakuasi Sarang Tawon Ganas yang Resahkan Warga)

Berdasarkan pengamatan petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kediri Jawa Timur yang tiba dilokasi langsung memusnahkan sarang tawon raksasa vespa affinis yang berada di atap pemukiman warga Desa Wanengpaten, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Beberapa sarang tawon yang berukuran 40 sampai 80 centimeter itu berada di atap rumah, pohon serta semak semak di samping rumah warga ini meresahkan karena dapat menyengat sewaktu-waktu.

Pj Kepala Desa Wanengpaten, Angger Grindo Hargoro mengatakan, keberadaan sarang tawon itu sudah sangat lama. Awalnya warga membiarkan keberadaan sarang tawon namun semakin lama sarang semakin besar dan warga takut untuk membasminya sehingga meminta bantuan petugas damkar.

Komandan Regu Damkar Kediri Suprapto mengatakan, dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran petugas yang berpakaian serba tertutup langsung membasmi sarang tawon. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan disemprot air dengan tekanan tinggi.

“Dalam upaya pemusnahan tersebut petugas sempat menemui kesulitan pasalnya ukuran sarang yang sangat besar ketika dibakar tidak langsung hangus. Sehingga menyebabkan ribuan tawon beterbangan dan hendak menyerang petugas damkar. Beruntung petugas yang cekatan segera menyemprotkan air sehingga tawon kesulitan mendekati petugas,” kata dia.

Suprapto menambahkan, agar tidak membahayakan warga petugas mengimbau kepada warga jika mendapati kejadian serupa segera melapor ke petugas untuk proses evakuasi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7988 seconds (0.1#10.140)