Kediri Diterjang Angin Kencang, 1 Mahasiswa Tewas Tertimpa Pohon

Senin, 09 Desember 2019 - 20:36 WIB
Kediri Diterjang Angin...
Kediri Diterjang Angin Kencang, 1 Mahasiswa Tewas Tertimpa Pohon
A A A
KEDIRI - Angin kencang dan hujan deras yang menerjang Kota Kediri , Jawa Timur mengakibatkan sejumlah pepohonan tumbang di 22 titik yang berbeda dan 1 orang meninggal dunia.

Di kawasan Sumberjiput, Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri sebuah pohon yang ambruk menimpa warung kopi (warkop) mbah Joyo milik Hendrik Wijaya warga setempat. (Baca juga: Hujan Angin Kembali Landa Sleman, Tujuh Rumah dan Satu Gudang Rusak)
Kediri Diterjang Angin Kencang, 1 Mahasiswa Tewas Tertimpa Pohon

Mereka yang sedang berteduh sambil menikmati kopi sontak kocar kacir berusaha menyelamatkan diri. Sebagian besar berhasil selamat.

Nahas, Wahyu Mukti Prasetyo (19) warga Desa Plaosan Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri tak sempat menyelamatkan diru. Mahasiswa IAIN Kediri itu tewas tertimpa pohon. "Betul satu orang meninggal dunia," ujar Adi Sutrisno, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri kepada SINDOnews.com.

Selain korban meninggal robohnya pohon berukuran besar itu juga melukai Hendrik (pemilik warkop) dan Wiwik, istrinya. (Baca juga: Diterjang Puting Beliung, Puluhan Tiang Listrik di Mojokerto Patah)

Petugas langsung melarikan pasutri itu ke RSUD Gambaran II. Sementara data yang dihimpun BPBD Kota Kediri, tumbangnya pepohonan telah menimpa empat unit mobil.

Kemudian ambruk mengenai warkop, sebuah bengkel dan rumah warga yang untungnya dalam keadaan kosong. Angin juga merusak kanopi di dua gedung sekolah dasar di Mrican, merobohkan PKL di jalan Hayam Wuruk serta memutuskan kabel Telkom di Jalan Mauni dan Jalan Panglima Polim.

Akibat bencana angin kencang itu listrik di sejumlah wilayah Kota Kediri sempat padam cukup lama. Menurut Adi, hingga malam ini petugas bersama masyarakat terus bahu membahu menormalkan situasi.

Sebab tidak sedikit batang pohon dan puing puing kerusakan, berserakan di jalan dan harus dibenahi. Sementara hujan sudah reda. "Kita terus bekerja agar situasi kembali normal," paparnya.

Kapusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menjelaskan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri saat ini sedang dalam pendataan kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut.

"Dampaknya 1 rumah rusak, 1 bengkel rusak, 2 warung rusak, 4 mobil rusak, pohon tumbang di sejumlah lokasi, jaringan telepon tertimpa pohon, 1 sekolah rusak," katanya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5597 seconds (0.1#10.140)