Puting Beliung Porak-porandakan 43 Rumah dan Kandang Ayam di Kendal

Minggu, 08 Desember 2019 - 13:27 WIB
Puting Beliung Porak-porandakan 43 Rumah dan Kandang Ayam di Kendal
Puting Beliung Porak-porandakan 43 Rumah dan Kandang Ayam di Kendal
A A A
KENDAL - Sedikitnya 43 rumah di dua desa di Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah rusak, tertimpa pohon tumbang akibat puting beliung yang terjadi sabtu petang.

Selain merusak 43 rumah, dua kandang ayam ambruk dan ratusan ayam mati, warga hingga minggu pagi masih melakukan perbaikan rumah dan membersihkan puing-puing akibat terjangan angin kencang ini.

Kandang ayam milik Rusmin, salah seorang warga di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kendal, ambruk rata dengan tanah. Ribuan ayam yang masih berusia 14 hari, banyak yang tidak bisa diselamatkan.

"Ayam yang masih hidup terpaksa dipindah ke kandang yang lainnya, sementara yang lain membersihkan puing-puing kandang ayam ini. Kandang ayam ini ambruk setelah diterjang angin puting beliung," kata Rusmin, Minggu (8/12/2019).

Selain kandang ayam, sedikitnya 43 rumah milik warga di dua desa tersebut ikut rusak tertimpa pohon yang tumbang. Kata Rusmin, saat kejadian cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang.

"Tiba-tiba gumpalan angin yang berputar putar menerjang kandang, hingga porak poranda dan ambruk. 40 persen ayam miliknya tidak bisa diselamatkan, akibat tertimpa puing bangunan kandang ayam," ujarnya.

Sementara rumah warga yang rusak umumnya genting berterbangan dan sebagian lagi tertimpa pohon yang tumbang. Minggu pagi warga mulai memperbaiki atap rumah yang rusak dan membersihkan sisa puing bangunan.

"Saat kejadian hujan lebat disertai angin kencang. Dalam waktu hanya lima menit angin berputar-putar menerjang pemukiman dan menerbangkan atap rumah warga dan menumbangkan puluhan pohon. Pohon yang tumbang banyak menimpa rumah warga, hingga rusak bahkan mengambrukan garasi mlik warga," jelas Khumaedi salah seorang warga yang rumahnya rusak.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, dua desa yang diterjang angin puting beliung yakni Meteseh dan Trisobo. Di Desa Meteseh dua dusun terdampak angin kencang yakni dusun segrumung dan sasak, jumlah rumah yang rusak di desa metesah ada 23 rumah. Sementara di Desa Trisobo menerjang dua dusun yani dusun rejosari dan krajan, akibatnya 15 rumah rusak.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9001 seconds (0.1#10.140)