Bupati Suwirta Luncurkan Pelayanan Perizinan Online

Senin, 07 Oktober 2019 - 12:18 WIB
Bupati Suwirta Luncurkan Pelayanan Perizinan Online
Bupati Suwirta Luncurkan Pelayanan Perizinan Online
A A A
SEMARAPURA - Bertepatan dengan malam pertama berlangsungnya Acara Nusa Penida Festival (NPF) 2019, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Launching "Inovasi One Stop Servis Menli Investment And License Integrasi Sistem" di Panggung Utama Pergelaran NPF, Pelabuhan Banyar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, Sabtu (5/10/2019) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Perwakilan Badan Diklat Provinsi Bali, Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, Ida Dalem Semaraputra, OPD terkait dan masyarakat Nusa Penida.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengatakan, inovasi ini adalah suatu terobosan untuk mempercepat atau memperingkas masyarakat untuk mengurus perijinan. "Apa yang dilakukan ini sangat sejalan dengan cita-cita besar kita yakni untuk membuat mol pelayanan publik pada tahun 2021," ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga menambahkan inovasi yang diluncurkan ini untuk menjawab tantangan iklim investasi di Nusa Penida, begitu banyak hotel, villa dan restoran selama ini tidak berijin. Dengan adanya inovasi ini bisa memudahkan dan memperlancar pengurusan ijinnya untuk para investor atau masyarakat yang malas mengurus ijin usahanya. "Perijinan online ini bisa dibuka dan diurus dari rumah, tinggal pada saat pinal, berkasnya aslinya harus disetor ke dinas PMPTSP, " imbuhnya

Dirinya juga meminta Dinas terkait untuk bekerja sama dan bersinergi untuk mengoptimalkan inovasi ini, sehingga nanti memberikan manfaat yang maksimal untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat melalui PAD yang dihasilkan. "saya yakin Nusa Penida ini akan menjadi sumber pendapatan yang paling besar dibidang pariwisata dengan syarat investor mengikuti aturan dari pemerintah," pintanya

Sementara itu, Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Klungkung Made Sudiarka Jaya mengatakan, ini merupakan suatu kebutuhan masyarakat Klungkung khusunya masyarakat Nusa Penida. Pada kesempatan yang baik ini kami hadir untuk mempermudah pelayanan pengurusan ijin dengan Inovasi One Stop Servis Menli Investment And License Integrasi Sistem.

Inovasi ini menggabungkan lima sistem yang ada yakni, Catalog Investasi, Promosi Investasi Secara Online, Perijinan maupun Non Perijinan Secara Online serta Pengaduan Online. " Dengan lima sistem ini akan berdampak pada pemerintahan yang bersih serta masyarakat yang bersih terhadap peraturan dan kepengurusan ijin," ujar Made Sudiarka Jaya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3180 seconds (0.1#10.140)