Warga Santap Kurban ACT di Halaman Masjid Raya Medan

Senin, 12 Agustus 2019 - 22:59 WIB
Warga Santap Kurban ACT di Halaman Masjid Raya Medan
Warga Santap Kurban ACT di Halaman Masjid Raya Medan
A A A
MEDAN - Warga menyantap jamuan makan bersama hasil kurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Halaman Masjid Raya Al Mashun, Medan, Sumatera Utara, Senin (12/8/2019).

Kegiatan ini digagas Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan jamuan makan serta pembagian daging kurban. Proses penyembelihan kurban dilaksanakan pagi hari, kemudian dimasak yang selanjutnya secara bersama-sama bersantap daging.

Kepala Cabang ACT Sumut, Fadhli Septavianra menjelaskan, pembagian dan kenduri kurban yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Adha ini, adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Sumatera Utara. Kegiatan ini melibatkan warga sekitar Kelurahan Masjid, terdiri dari 7 lingkungan, Badan Kenaziran Masjid, masyarakat sekitar, dan Jamaah Masjid Raya Al Mashun Medan.

"Untuk di Sumatera Utara kegiatan ini juga didukung oleh BNI Syariah Cabang Sumatera Utara, yang turut menyumbangkan 15 ekor sapi (termasuk 7 ekor sapi di Masjid Raya) dan 4 ekor kambing untuk masyarakat di Binjai dan Langkat," terangnya.

Fadhli mengatakan program ini adalah hari puncak program Dermawan Berkurban yang sebenarnya sudah sejak lama digagas oleh Global Qurban Pusat. "Untuk Medan pertama kali dilaksanakan dan sengaja pelaksanaannya diadakan di halaman Masjid Raya Al Mashun Medan, bertujuan sembari menyemarakkan Hari Raya Idul Adha, dan juga agar lebih dekat kepada warga kota Medan," ujarnya.

Terlebih Masjid Raya Al Mashun Medan merupakan ikon pariwisata dan peradaban Islam di tanah Melayu kota Medan. Fadhli berharap kegiatan ini dapat memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat kota Medan. Dan terlihat dari animo masyarakat yang datang ke Masjid Raya Medan.

Sementara itu, Bisnis Manager BNI Syariah cabang Medan, Irvan Satya mengatakan pihaknya bekerja sama dengan ACT Sumut memberikan 7 ekor sapi di Masjid Raya Medan. "Secara seluruhnya, BNI Syariah berkurban Bersama Qurban Pusat ACT sebanyak 450 ekor sapi di seluruh Indonesia, khusus di Medan ada 7 ekor dan disebar beberapa kota seperti Binjai, dan Tanah Karo. Totalnya ada 15 ekor untuk kurban tahun ini di Medan," tuturnya.

Dia berharap BNI Syariah cabang Medan dapat menjadi bagian dari program ACT Qurban. "Semoga program ini bisa berlanjut dan berkesinambungan sekaligus menjadi Hasanah Banking Partner Syariah," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6900 seconds (0.1#10.140)