Aktivitas Gunung Slamet Makin Tinggi, Ratusan Gempa Tremors Terus Terjadi

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 08:47 WIB
Aktivitas Gunung Slamet Makin Tinggi, Ratusan Gempa Tremors Terus Terjadi
Aktivitas Gunung Slamet Makin Tinggi, Ratusan Gempa Tremors Terus Terjadi
A A A
PEMALANG - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah, makin tinggi. Ratusan gempa tremors dan embusan terus terjadi. Di puncak gunung setinggi 3.432 meter di atas permukaan air laut ( mdpl ) terlihat asap terus mengepul .

Masyarakat diminta tetap tenang, namun harus tetap waspada jika sewaktu-waktu aktivitas gunung Slamet makin meningkat. Gunung Slamet berada di perbatasan lima kabupaten, yaitu Kabupaten Pemalang, Purbalingga, Banyumas, Tegal, dan Brebes.

Dari data di pos pengamatan gunung Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, selama enam jam terakhir dari Sabtu (10/8/2019) pukul 00.00 sampai 6.00 WIB, terus menunjukan peningkatan .

“Aktivitas gunung Slamet sejak pukul 00 sabtu hingga Sabtu jam 6 pagi, tercatat 300 kali gempa hembusan dan tremors, amplitudo juga meningkat dari semula 0,5- 1 mili meter, saat ini 0,5- sampai 2 milimeter,” jelas Sukedi, petugas pengamatan Gunung Slamet.

Cuaca di atas gunung Slamet terlihat cerah sehingga bisa mudah diamati dari jarak sekitar 5 km. Status gunung Slamet masih pada level dua atau waspada. Naiknya status ini dkeluarkan oleh pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, PVMBG mulai Jumat 9 Agistis 2019. Meski aktivitas gunung Slamet naik, kondisi masyarakat masih terlihat normal.

“Dengan kondisi ini masyarakat diminta tetap tenang, namun tetap waspada . Masyarakat dilarang melakukan aktivitas radius dua kilometer dari puncak gunung. Petani dan warga masih boleh aktivitas seperti biasa, namun pendakian ditutup,” jelas Sukedi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)