Gunung Kerinci Erupsi, Warga Diimbau Jauhi Kawah hingga 3 Kilometer

Rabu, 31 Juli 2019 - 14:59 WIB
Gunung Kerinci Erupsi, Warga Diimbau Jauhi Kawah hingga 3 Kilometer
Gunung Kerinci Erupsi, Warga Diimbau Jauhi Kawah hingga 3 Kilometer
A A A
KERINCI - Gunung Kerinci, Jambi mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak (± 4.605 m di atas permukaan laut), Rabu (31/9/2019) siang. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.

Informasi yang dihimpun dari situs PVMBG dan Pos Pengamatan Gunungapi Kerinci, saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 Km dari kawah aktif. Selain itu masyarakat dilarang beraktifitas di dalam radius bahaya/KRB III.

Kemudian, jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci harus dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Fadel, warga Kerinci mengatakan jika saat ini masyarakat masih beraktivitas seperti biasa. "Saya belum lihat langsung adanya erupsi, dan saat ini masyarakat di Kerinci atau di sekitar gunung kerinci juga masih beraktivitas normal. Rencana saya mau mendaki pas hari kemerdekaan besok, namun kalau ada erupsi mungkin tidak jadi," ujar Fadel.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0988 seconds (0.1#10.140)
pixels