51 Bintal Juang Remaja Bahari Ikuti Pelayaran KRI Dewaruci

Senin, 29 Juli 2019 - 20:35 WIB
51 Bintal Juang Remaja Bahari Ikuti Pelayaran KRI Dewaruci
51 Bintal Juang Remaja Bahari Ikuti Pelayaran KRI Dewaruci
A A A
MANADO - Sebanyak 51 orang putra putri anggota TNI Angkatan Laut dan pendamping yang tergabung dalam Bintal Juang Remaja Bahari mengikuti pelayaran KRI Dewaruci.

“Kegiatan ini dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta kebaharian kepada para remaja serta memberikan pengenalan secara langsung dari dekat tentang kapal legenda KRI Dewaruci,” kata Ws Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) M Samuel Pontoh, Senin (29/7/2019).

Dalam pelayaran tersebut, KRI Dewaruci yang dikomandani Mayor Laut (P) Hastaria bertolak dari Perairan Teluk Manado menuju Pelabuhan TNI Angkatan Laut Samuel Languyu Bitung.
51 Bintal Juang Remaja Bahari Ikuti Pelayaran KRI Dewaruci

Ikut dalam pelayaran kapal yang menjadi legenda TNI Angkatan Laut tersebut 21 putra dan 19 putri anggota Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII.

Mereka didampingi 11 orang pendamping yang dipimpin Paban Proga Srena Lantamal VIII Letkol Laut (S) Laurentius Pongky Ari A.

Samuel menjelaskan, saat pelayaran dari Teluk Manado menuju Bitung, para peserta BJRB mendapatkan pengarahan dari Kepala Departemen Operasi KRI Dewa Ruci tentang alat keselamatan.

Di antaranya berupa life jacket dan fungsi dari sekoci darurat (life craft) jika sewaktu-waktu kapal mengalami kebakaran dan kebocoran sehingga harus melaksanakan peran peninggalan kapal.

Selain itu para peserta juga diberikan pengenalan serta fungsi masing dari alat-alat navigasi, yakni radar, kompas, kemudi, echosounder (alat untuk melihat kedalaman laut), bendera isyarat, dan jumlah layar yang dimiliki KRI Dewaruci.

Para peserta juga diajak untuk turut membantu menarik tali tiang layar serta mengembangkan layar kapal legendaris KRI Dewaruci yang berbendera tengkorak kepala manusia.

"Dilanjutkan lomba keberanian naik tangga tiang Bima,tiang Arjuna dan tiang Yudistira dalam rangka pengenalan latihan peran parade roll,” ujarnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6598 seconds (0.1#10.140)