Dinilai Sudah Untung, Tarif Tol Surabaya-Gempol Layak Diturunkan

Minggu, 28 Juli 2019 - 21:42 WIB
Dinilai Sudah Untung, Tarif Tol Surabaya-Gempol Layak Diturunkan
Dinilai Sudah Untung, Tarif Tol Surabaya-Gempol Layak Diturunkan
A A A
SURABAYA - Tarif jalan tol Surabaya-Gempol seharusnya diturunkan karena telah mendapatkan keuntungan lebih dari 50%. Selan itu, terkait dengan konsesi jalan tol tersebut yang hampir selesai.

“Infrastruktur itu tidak boleh mencari keuntungan yang sangat besar. Sebab, mestinya keuntungannya itu didapat dari multiplayer effect infrastruktur atas pertumbuhan ekonomi dari infrastruktur tersebut," kata anggota Komisi V DPR-RI Bambang Haryo Soekartono, Minggu (28/7/2019).

Bambang meminta seluruh jalan tol di audit ulang, terutama jalan tol yang dibangun dengan dana APBN, seperti jalan tol Surabaya-Gempol. Jalan tol Surabaya-Gempol ini dilewati 82 juta kendaraan per tahun, dengan asumsi Rp7.000 per kendaraan, diperkirakan taksiran pendapatan sebesar Rp700 miliar.

Dengan anggaran perawatan sebesar Rp30 Milyar, ditambah biaya Operasional, anggaran maksimumnya tidak lebih dari Rp100 miliar, jalan tol Surabaya-Gempol telah mendapatkan keuntungan lebih dari 50%.

“Ini jalan tol dibangun dengan uang Rakyat, ibarat rumah yang kita beli, lalu rumah itu kita sewa, biaya sewanya untuk perawatan. Kira-kira begitu, ini kan gila," tutur Bambang.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4611 seconds (0.1#10.140)