Bea dan Cukai Manado Optimistis Penerimaan Pajak Sesuai Target

Sabtu, 20 Juli 2019 - 14:16 WIB
Bea dan Cukai Manado Optimistis Penerimaan Pajak Sesuai Target
Bea dan Cukai Manado Optimistis Penerimaan Pajak Sesuai Target
A A A
MANADO - Realisasi penerimaan hingga semester 1 Tahun 2019 di Bea dan Cukai Manado mencapai Rp11,091 miliar atau 87,2% dari target yang dibebankan tahun ini sebesar Rp13,429 miliar dengan rincian Rp1,631 miliar untuk bea masuk dari sektor impor dan Rp11,798 miliar untuk bea cukai.

Untuk semester 1 ini, realisasi sektor bea masuk berhasil mengumpulkan Rp1,406 miliar sedangkan sektor cukai 100% disumbangkan oleh perusahaan miras setempat sebanyak Rp9,684 miliar. "Realisasi penerimaan kali ini meningkat dibanding periode tahun sebelumnya sebesar Rp5,773 miliar ," ujar Kepala Kantor Bea dan Cukai Manado Nyoman Adhi, Sabtu (20/7/2019).

Untuk itu, Nyoman optimistis target yang diberikan hingga akhir tahun bisa tercapai mengingat penerimaan telah surplus 37,2% dan tingkat kepatuhan pengguna jasa di Manado punya tren meningkat tiap tahunnya.

Dari sisi pengawasan, Bea dan Cukai Manado telah berhasil mengamankan sekitar 1.099 botol miras dan 5.044 batang rokok ilegal dengan berbagai jenis pelanggaran, di antaranya pita cukai palsu, pita cukai berbeda, pita cukai bekas dan tanpa pita cukai polos serta beberapa pelanggaran impor. "Beberapa telah ditetapkan sebagai barang milik negara dan beberapa masih dalam proses penyidikan," tambah Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Theo Sinurat.

Bea dan Cukai Manado juga mendukung dan gencar melakukan pengawasan di bidang cukai terlebih rokok ilegal dan MMEA melalui operasi gempur rokok ilegal yang dicanangkan kantor pusat dalam menekan angka rokok ilegal hingga 3%.

Semua keberhasilan pada semester 1 ini menurut Nyoman merupakan milik bersama dalam arti semuanya tercapai berkat sinergi dari instansi lain. Bea dan Cukai Manado ingin terus mengembangkan industri khususnya yang memiliki orientasi ekspor.

Untuk itu, bila masyarakat ingin mengembangkan usaha di bidang Kepabeanan dan Cukai, misalnya ingin menjadi pengusaha Iiquid vape mengandung nikotin, pengusaha ekspor hasil bumi dan semacamnya, pihaknya menyatakan diri siap mengasistensi pengguna jasa hingga eksportasi terealisasi.

"Masyarakat tidak usah ragu mengurus izin usaha karena dapat dipastikan Bea dan Cukai Manado akan memberikan izin secara mudah, murah, dan berkepastian hukum," kata Nyoman.

Nyoman juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta taat dalam menegakkan aturan UU Kepabenan den Cukai dengan tidak mendukung importasi ilegal, tidak membeli produk rokok, miras dan tembakau ilegal. "Mulai mencintai produk dalam negeri serta menjadi warga negara yang taat pajak, serta selalu mengurus izin usaha karena sejatinya #LegalituMudah," ucapnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)