Lagi, Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Halmahera Selatan

Senin, 15 Juli 2019 - 18:40 WIB
Lagi, Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Halmahera Selatan
Lagi, Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Halmahera Selatan
A A A
HALMAHERA SELATAN - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah laut di sebelah timur laut Kabupaten Halmahera Selatan, Senin (15/7/2019) pukul 18.35 Wita. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 5,3 Skala Richter yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,2 SR.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,46 LS dan 127,84 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah timur laut Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah laut di sebelah timur laut Kabupaten Halmahera Selatan ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar mendatar.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Gane IV MMI, Labuha III MMI dan Ternate II-III. Gempa ini merupakan bagian dari rangkaian gempa susulan. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”kata Rahmat.

Selain itu masyarakat diingatkan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6128 seconds (0.1#10.140)