Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik

Minggu, 14 Juli 2019 - 20:05 WIB
Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik
Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik
A A A
HALMAHERA SELATAN - Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Minggu (14/7/2019) sekitar pukul 16.10 WIB. Dilaporkan sejumlah saksi mata gempa menimbulkan kepanikan warga dan kerusakan bangunan.

Info dari Kasmet Labuha Via hanphone di Kota Labuha masyarakat panik dan mengungsi ke tempat ketinggian. Di pusat gempa di daerah Gane dilaporkan ada beberapa rumah roboh.

“Gempa dirasakan kuat di Kabupaten Halmahera selatan Selama 2-5 detik dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah,” kata Staf BPBD Kabupaten Halmahera Selatan, Iksan Subur.

Pusat gempa berada di 0.59 LS dan 128.06 BT pada kedalaman 10 Km. Lokasi gempa berada sekitar 62 Km Timur Laut Labuha, Maluku Utara; 104 Km Tenggara Weda, Maluku Utara.
Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik


Kepala Bidang Informasi gempabumi dan Peringatan Dini tsunami, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan dii daerah Obi V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong, Bolaang Mongondow II MMI.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6014 seconds (0.1#10.140)