Hadiri Rakornas IMM di Pekanbaru, Mendikbud Singgung Sistem Zonasi PPDB

Kamis, 04 Juli 2019 - 23:46 WIB
Hadiri Rakornas IMM...
Hadiri Rakornas IMM di Pekanbaru, Mendikbud Singgung Sistem Zonasi PPDB
A A A
PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendy mengakui sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini banyak menuai pro dan kontra. Namun dia menegaskan kebijakan itu sangat bagus untuk pemerataan.

"Pasti ada yang puas, ada yang tidak (sistem zonas), namanya juga sistem," ujar Muhadjir Effendy dalam acara Rakornas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kampus Muhammadiyah Pekanbaru, Kamis (4/7/2019).

Dia menjelaskan bahwa sistem zonasi merupakan strategi pemerintah dalam melakukan pemerataan pendidikan. Dengan diterapkannya zonasi maka tidak ada lagi sekolah unggulan.

"Jadi semua sekolah harus unggul. Caranya dengan pemerataan pendidikan. Input kepada siswa harus sama. Tugas semua guru inilah yang mengolah input,"pintanya.

Mendikbud hari ini juga melakukan kunjungan ke salah satu SMA unggulan di Riau, yakni SMA Negeri 8. Mendikbud melakukan sosialisasi sistem PPDB.

"Tadi saya datang ke SMA 8 yang selama ini dikenal sebagai siswa unggulan. Setelah kita jelaskan, mereka welcome dengan sistem zonasi karena ada pemerataan antara yang pintar dan tidak pintar," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1641 seconds (0.1#10.140)