Pantau Arus Mudik, Basarnas Tanjungpinang On Board ke Sejumlah Pelabuhan

Minggu, 02 Juni 2019 - 13:54 WIB
Pantau Arus Mudik, Basarnas Tanjungpinang On Board ke Sejumlah Pelabuhan
Pantau Arus Mudik, Basarnas Tanjungpinang On Board ke Sejumlah Pelabuhan
A A A
TANJUNGPINANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Tanjungpinang memantau arus mudik menggunakan kapal Resque Boat (RB) 209 di beberapa pelabuhan di Tanjungpinang, Bintan dan Batam, Minggu (2/6/2019). Aktivitas pelabuhan meningkat drastis pada H-3 lebaran. Basarnas ingin memastikan pelaksaan arus mudik pengguna moda laut berjalan aman dan lancar.

Dalam pemantauan ini turut diikuti perwakilan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpinang dan Pol Air Polres Tanjungpinang. On board pemantauan arus mudik ini dimulai dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur Batam, Pelabuhan ASDP RoRo Telaga Punggur, Pelabuhan Speed Boat Tanjunguban dan Pelabuhan ASDP RoRo Tanjunguban.

Sejauh pemantauan aktivitas pelabuhan berlangsung padat. Sebab, kapal-kapala antre untuk sandar di dermaga. Bahkan tampak setiap kapal yang berangkat dan tiba di pelabuhan mengangkut penumpang dengan penuh. Pelabuhan-pelabuhan yang dipantau merupakan pelabuhan tersibuk di Kepulauan Riau.

"On Board ini kita lakukan dalam rangka pemantauan siaga khusus lebaran, sehingga menjadi perhatian arus mudik saat ini sangat ramai di Pelabuhan Telaga Punggur," kata Kepala Basarsnas Tanjungpinang Mu'min Maulana di atas Kapal RB 209.

Arus mudik ini menjadi perhatian khusus bagi Basarnas dan instansi terkait supaya pemudik yang berlebaran di kampung halamannya aman dan lancar. Selama arus mudik dan arus balik nanti, Basarnas akan menyiagakan kapal di Tanjungpinang dan Sekupang, Batam, serta didukung perahu karet dan alat SAR lainnya. Begitu juga dengan armada dari KSOP dan Pol Air yang standby.

"Kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat supaya lebih aman dan nyaman saat mudik dan arus balik nanti. Selain petugas kita siaga diatas kapal, petugas SAR juga disebar di posko-posko lebaran," ujar Mu'min.

Dikatakannya, sinergitas yang dibangun antar instansi saling mendukung satu kesatuan dalam rangka antisipasi bila mana ada kecelakaan di air atau pun kecelakaan membahayakan jiwa manusia. "Ketika ada kecelakaan atau informasi kejadian petugas kita sudah siap melaksanakan operasi," katanya.

Mu'min mengajak kepada pemudik agar tetap berhati-hati selama perjalanan mudik. Dia mengimbau kepada pengguna moda transportasi laut, terutama kepada nahkoda kapal untuk memperhatikan kesehatan, cuaca, serta perlengakapan keselamatan kapal saat berlayar.

"Kalau kurang sehat jangan dipaksakan, info cuaca itu penting, kalau tak mendukung berlayar sebaiknga tunda keberangkatan, penyelamatan seperti
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2579 seconds (0.1#10.140)