Mudik Lebaran, PT KAI Divre III Palembang Tambah Dua Rangkaian Kereta Eksekutif dan Premium

Selasa, 28 Mei 2019 - 15:44 WIB
Mudik Lebaran, PT KAI Divre III Palembang Tambah Dua Rangkaian Kereta Eksekutif dan Premium
Mudik Lebaran, PT KAI Divre III Palembang Tambah Dua Rangkaian Kereta Eksekutif dan Premium
A A A
PALEMBANG - Menghadapi masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI Divre III Palembang dengan mengganti rangkaian KA Limeks Sriwijaya dengan rangkaian baru kelas eksekutif dan premium.

Deputy EVP PT KAI Divre III Palembang, Waroso menjelaskan, rangkaian baru KA Sriwijaya relasi Kertapati - Tanjung Karang ini memiliki dua Kereta Eksekutif Stainless Steal (K1 SS), 7 Kereta Premium Stainless Steal (K3 Premium SS). Satu rangkaian kereta ini mencapai 660 seat dengan rincian 80 tempat duduk per kereta ekonomi premium dan 50 seat kereta eksekutif.

"Ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa kereta, ketika penumpang kereta merasa nyaman dengan moda transportasi yang digunakan. Tentunya layanan transportasi kereta akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian," ucapnya, Selasa (28/5/2019).

Waroso mengatakan, penggantian rangkaian kereta baru ini juga merupakan komitmen PT KAI Divre III Palembang dalam memberikan kereta api penumpang yang bagus bagi masyrakat Sumsel. "Penggantian kereta baru ini akan dilakukan secara bertahap. Jadi saat ini baru untuk KA Sriwijaya relasi Kertapati - Tanjung Karang saja, nantinya KA Sindang Marga relasi Kertapati - Lubuk Linggau segera menyusul penggantian juga," terangnya.

Dari pantauan SINDOnews, kereta dilengkapi 4 unit televisi, masing-masing 2 unit televisi ukuran besar di setiap ujung kereta dan 2 unit televisi ukuran sedang di bagian tengah. Selain itu, di setiap kursi penumpang juga sudah terdapat footrest dan meja lipat dengan fasilitas tatakan piring, gelas, gantungan hanger dan lubang headset untuk kebutuhan hiburan berupa audio.

"Di kursi rangkaian baru kereta ini kini memiliki desain yang baru dengan corak biru putih dan sandaran punggung, dilengkapi dengan lampu utama, lampu baca dan lampu untuk perjalanan malam," kata Waroso.

Sementara di kereta kelas premium, sudah dilengkapi dengan enam unit televisi yang terletak di tengah dan bagasi di kabin yang semula dari rangka besi diganti bagasi kabin layaknya kelas eksekutif, serta pendingin ruangan yang sudah tersentralisasi.

"Kursi penumpang juga telah memiliki konfigurasi 2-2 dan dilengkapi priority seat dengan desain yang baru yakni sandaran punggung empuk yang dapat disesuaikan," jelasnya.

Untuk jadwal keberangkatan, KA Sriwijaya berangkat dari Stasiun Kertapati pukul 21.00 WIB dan tiba di Stasiun Tanjung Karang pukul 06.10 WIB. Begitu juga sebaliknya dari Stasiun Tanjung Karang menuju Stasiun Kertapati.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6201 seconds (0.1#10.140)