Permudah Pembayaran Pajak, Bapenda Kobar Kerja Sama dengan Pemkot Cirebon

Rabu, 22 Mei 2019 - 07:48 WIB
Permudah Pembayaran Pajak, Bapenda Kobar Kerja Sama dengan Pemkot Cirebon
Permudah Pembayaran Pajak, Bapenda Kobar Kerja Sama dengan Pemkot Cirebon
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon. Kerja sama ini untuk mempermudah pembayaran pajak oleh wajib pajak dan menindaklanjuti kerja sama tentang pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan sistem informasi pendapatan daerah.

“Sebelumnya sudah dilakukan Kesepahaman Bersama antara Pemkab Kobar dengan Pemkot Cirebon dalam rangka pengembangan sistem informasi pendapatan daerah. Kemarin penanatanganan kerja samanya,” ujar Kepala Bapenda Kobar, Molta Dena di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan, penandatanganan kerja sama dilakukan di Kantor Sekretariat Daerah Kota Cirebon pada Jumat lalu. “Penandatangan perjanjian kerja sama kali ini merupakan kelanjutan dari dua perjanjian yang telah disepakati tahun sebelumnya,” katanya.

Hal ini sekaligus menjadikan Kabupaten Kobar mengadopsi sepenuhnya aplikasi online pengelolaan pajak daerah yang ada di Kota Cirebon. Pada 2018 lalu, telah selesai dibangun aplikasi online pembayaran PBB (e-PBB) dan akan dilakukan pemeliharaan tahun berikutnya. Sedangkan pada 2019 akan dikembangkan aplikasi online pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (e-BPHTB) dan pajak daerah lainnya.

“Pada akhirnya, melalui aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan mengefektifkan pengelolaan pajak daerah, baik dari wajib pajak maupun pemerintah daerah,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7441 seconds (0.1#10.140)