Musi Banyuasin Raih Sindo Weekly Government Awards 2019, Kategori Inovasi Infrastruktur

Rabu, 01 Mei 2019 - 14:20 WIB
Musi Banyuasin Raih Sindo Weekly Government Awards 2019, Kategori Inovasi Infrastruktur
Musi Banyuasin Raih Sindo Weekly Government Awards 2019, Kategori Inovasi Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Malam apresiasi Government Awards SINDO Weekly 2019 digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Government Awards yang ke-6 tahun ini memberikan penghargaan kepada 29 kepala daerah yang dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pembangunan di daerah masing-masing.

Tahun ini Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) meraih Governments Awards Sindo Weekly 2019 untuk kategori Inovasi Infrastruktur atas inovasinya di bidang infrastruktur, yakni penerapan aspal karet. Muba di bawah kepemimpinan Dodi Reza Alex Noerdin dianggap sebagai pelopor dalam penerapan aspal karet di Indonesia.

Bupati Dodi Reza Alex Noerdin diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Muba Dicki Meiriando bersama Kabag Humas Pemkab Muba Herryandi Sinulingga menerima penghargaan tersebut yang diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo.

Dicki Meiriando atas nama masyarakat, Pemkab, dan Bupati Muba mengucapkan terima kasih atas awards yang diberikan Sindo Weekly. "Dengan kerja sama positif dan terus berkolaborasi semua pihak membuat Musi Banyuasin dikenal di level nasional," kata Dicki.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menyampaikan, penghargaan yang diterimanya merupakan keberhasilan seluruh ASN di Pemkab Musi Banyuasin yang terus bersinergi dan solid dalam kerja sama tim mewujudkan Muba maju berjaya 2022, "Kami Bangga karena kerja keras selama ini kita diberikan pengahargaan oleh para pihak dan ada yang mengapresiasi. Ini akan menjadi motivasi untuk terus bekerja keras dan terus melakukan inovasi di segala bidang," tuturnya.

Dodi Reza juga berharap kerja sama dengan media dalam hal ini MNC Group terkhusus Sindo Weekly dapat terjalin lebih erat lagi dan terus melakukan penilain terhadap daerah daerah yang berinovasi sehingga menjadi motivasi kepala daerah di negeri ini untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakatnya menuju Indonesia maju rakyat sejahtera.

Nevi Hetharia, Pemimpin Redaksi SindoWeekly, mengungkapkan, Majalah SINDO Weekly selalu mengapresiasi para pimpinan daerah lewat even Government Awards karena sejak berlakunya Undang-undang No. 23/2014, pemerintahan daerah diberi wewenang untuk menyelenggarakan sebagian besar urusan pemerintahan yang sebelumnya menjadi wewenang pemerintah pusat.

"Dalam tataran praktis, pemberian wewenang itu juga diikuti dengan pemberian hak untuk melakukan inovasi agar penyelenggaraan urusan pemerintahan itu dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi lapangan dan sesuai pula dengan kearifan lokal," kata Nevi.

Pemerintah pusat bahkan secara tegas memberikan dorongan kepada pemerintah daerah untuk berinovasi. Bahkan, melalui penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38/2017, dinyatakan bahwa pemerintah daerah harus melakukan aneka inovasi untuk menyelenggarakan urusan pemerintah di daerah.

“Anugerah ini diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Tim MNC Group bersama Redaksi Sindo Weekly bekerja sama dengan sejumlah akademisi dengan memperhatikan keaslian ide, kelembagaan yang menangani inovasi, perangkat aturan yang digunakan untuk menjamin agar inovasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Yang tak kalah penting, inovasi itu harus mendatangkan keunggulan daya saing daerah dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Nevi.
Musi Banyuasin Raih Sindo Weekly Government Awards 2019, Kategori Inovasi Infrastruktur

Berikut ini 31 penghargaan Government Awards SINDO Weekly 2019 dan masing-masing kategori:

1. Kota Ambon (Kota Toleransi)
2. Kota Payakumbuh (Kota Sehat)
3. Kota Jayapura (Pendidikan)
4. Kota Depok (Infrastruktur Layanan Publik)
5. Kota Malang (Inovasi Birokrasi)
6. Kota Pangkalpinang (Pariwisata)
7. Kabupaten Tapin (Pertumbuhan Ekonomi)
8. Kabupaten Sumbawa Barat (Pengentasan Kemiskinan)
9. Kabupaten Puncak (Papua Infrastuktur)
10. Kabupaten Luwu Timur (Infrastruktur)
11. Kabupaten Bulukumba (Pariwisata)
12. Kabupaten Musi Banyuasin (Inovasi Infrastruktur)
13. Kabupaten Jayapura (Penanganan Bencana)
14. Kabupaten Tuban (Ketahanan Pangan)
15. Kabupaten Pasuruan (Layanan Publik)
16. Kabupaten Serang (Pendidikan)
17. Kabupaten Tangerang (Kesehatan)
18. Provinsi Sulawesi Utara (Jaminan Sosial)
19. Provinsi DKI Jakarta (Transportasi Publik)
20. Provinsi NTT (Pengembangan Peternakan)
21. Provinsi Jawa Barat (Investasi)
22. Provinsi Jawa Timur (Manajemen Ketenagakerjaan)
23. Wali Kota Ambon (Indonesian Creative Leader)
24. Wali Kota Balikpapan (Indonesian Creative Leader)
25. Wali Kota Manado (Indonesian Creative Leader)
26. Wali Kota Bontang (Inspiring Woman Leader)
27. Kota Medan (Indonesian Creative Leader)
28. Bupati Tapanuli Utara (Indonesian Creative Leader)
29. Bupati Buru Selatan (Indonesian Innovative Leader)
30. Gubernur Jawa Tengah (Indonesian Innovative Leader)
31. Gubernur Jawa Barat (Indonesian Innovative Leader)
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7676 seconds (0.1#10.140)