TNI AD Gelar Pengobatan Massal Bersama Kemenkes di Nias

Rabu, 13 Maret 2019 - 21:38 WIB
TNI AD Gelar Pengobatan Massal Bersama Kemenkes di Nias
TNI AD Gelar Pengobatan Massal Bersama Kemenkes di Nias
A A A
NIAS - Sekitar 600 warga Nias antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di wilayah Kodim 0213/Nias di Halaman Kantor Camat Bawolato, Rabu (13/3/2019).

Antusiasme warga terhadap kegiatan bakti sosial ini terlihat sesuai pendataan awal yang akan diobati dan diperiksakan kesehatannya sekitar 300 orang namun menjadi 600 orang.

“Warga sangat antusias memeriksakan kesehatannya, target awal 300 orang ternyata naik drastis menjadi 600 orang,” ujar Paban V/Bakti TNI, Kol Inf Yudianto Putrajaya, usai meninjau Baksos Yankes TMMD ke-104 didampingi Dandim 0213 Nias Letkol Reymon Purba.

Kegiatan bakti sosial tersebut, kata Putra, sebagai penguatan TMMD ke-104 di wilayah Kabupaten Nias, Sumatera Utara. “Kegiatan bakti sosial dan pengobatan massal kepada masyarat diwilayah kab. Nias dalam rangka penguatan TMMD ke-104,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan TMMD tersebut yakni pengobatan umum, pengobatan gigi mulut, KB Kesehatan, Sunatan, donor darah dan penyuluhan kesehatan dengan materi rabies dan KB Kesehatan.

“Rangkaian kegiatan hari ini di Nias diawali penyuluhan kesehatan materi rabies, pengobatan massal, sunatan dan donor darah,” papar Yanto.

Menurut dia, program TMMD ke-104 merupakan lintas sektoral yang melibatkan Kementerian/LPNK terkait yang dapat disinergikan programnya pada kegiatan TMMD selama 30 hari lamanya.

“Untuk kegiatan baksos hari ini, kita bekerjasama dengan Kemenkes RI sedangkan kegiatan TMMD ini bukan hanya domain TNI tetapi merupakan lintas sektoral yang melibatkan Kementerian/LPNK seperti Kemenag, Kemenperin, Kemhan, Kemendikbud, BKKBN, PKK pusat, Pemda serta kementerian lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Bawolato Elizama Gea mengapresiasi kehadiran program TMMD di daerah tersebut sebagai wujud kecintaan TNI terhadap masyarakat Nias.

“Ini tandanya kecintaan TNI terhadap masyarakat karena adanya pengobatan massal gratis dan antusias masyarakat cukup tinggi untuk mengambil kesempatan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan,” tutur Elizama.Camat berharap kegiatan TMMD ini terus berkelanjutan di wilayah Kabupaten Nias khususnya Kecamatan Bawolato. Kegiatan positif ini kita harapkan dapat berkelanjutan setiap tahun di Kecamatan Bawolato agar masyarakat bisa tatap muka kepada TNI,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8955 seconds (0.1#10.140)