alexametrics

Macan Tutul Masuk Permukiman, Terkam 2 Ekor Kambing

loading...
A+ A-
SERANG - Warga di Desa Cikedung, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten diresahkan adanya macan tutul yang memangsa hewan ternak milik warga. Akibatnya, dua ekor kambing mati diserang oleh macan tutul.

Anggota Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Serang Uday Udaya mengatakan, macam tutul diduga datang dari cagar alam Rawa Danau untuk mencari makan ke kawasan pemukiman warga.

"Dua ekor kambing sudah di mangsa sama macan tutul. Warga sempat memergoki macan tutul dewasa sedang memangsa hewan ternak milik warga," kata Uday saat dikonfirmasi SINDOnews, Minggu (3/3/2019). (Baca: Berduel dengan Harimau saat Cari Kayu di Hutan, Warga Riau Kritis).

Menurutnya, pemukiman warga memang berada dekat kawasan cagar alam sehingga macan tutul mencari mangsa dengan masuk ke kandang hewan ternak sejak dua hari lalu. "Bekas cakaran macan juga ada di kandang kambing," ujarnya.



Dia menambahkan, bahwa cagar alam Rawa Danau menjadi habitatnya macan tutul. Meskipun, jumlahnya tidak diketahui dikarnakan belum dilakukan survai, sensus, atau memasang kamera trep untuk terlihat aktifitasnya dan jumlahnya.

Mengantisipasi macan tutul kembali memangsa hewan ternak milik warga, pihaknya sudah memasang perangkap. Perangkap diisi dengan hewan unggas kesukaan macan tutul. "Nanti kalau sudan ditangkap akan kita kaji apakah akan dipindahkan ke blok lin atau lokasi lainnya. Tapi, kita masih fokus menangkapnya," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top