Penerbangan Internasional Adisutjipto Dipindahkan ke NYIA April 2019

Sabtu, 16 Februari 2019 - 15:47 WIB
Penerbangan Internasional Adisutjipto Dipindahkan ke NYIA April 2019
Penerbangan Internasional Adisutjipto Dipindahkan ke NYIA April 2019
A A A
SLEMAN - Penerbangan rute Yogyakarta ke Singapura dan Malaysia yang selama ini melalui Bandar Internasional Adisutjipto akan dipindahkan ke bandara baru, New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo mulai April 2019.

General Manager (GM) Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, melihat proses pembangunan yang on the track dan sudah mencapai 53%, maka pihaknya optimistis akhir Maret sudah siap. Untuk itu awal April, NYIA sudah bisa digunakan untuk melayani penerbangan, terutama untuk rute internasional.

“Untuk penerbangan domestik tetap di Bandara Adisutjipto,” kata Pandu seusai membuka turnaman sepakbola U-10 di lapangan NDB AP I Yogyakarta, Jalan Yogyakarta-Solo, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Sabtu (16/2/2019).

Untuk peresmian direncanakan akan dibuka langsung presiden Joko Widodo (Jokowi), pada awal April 2019. Selama ini ada enam penerbangan internasonal dari Bandara Internasional Adisutjipto, yaitu tiga ke Singapura dan Malaysia yang dilayani Air Asia dan Silk Air.

Pandu menambahkan, jika semua nanti sudah siap, maka semua penerbangan akan dipindahkan ke NYIA. Untuk penerbangan bisa mencapai 300 slot per hari dengan jumlah penumpang 14 juta orang. Sedangkan Bandara Adisutjipto 188 slot dengan penumpang 20.000 per hari.

“Nantinya NYIA juga akan dioperasionalkan untuk melayani penerbangan saat Lebaran. Jadi bagi maskapai yang ingin mengajukan penambangan tambahan sudah bisa mengajukan,” terangnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5808 seconds (0.1#10.140)