Bali Alami Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG

Jum'at, 11 Januari 2019 - 19:24 WIB
Bali Alami Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG
Bali Alami Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG
A A A
DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyatakan peningkatan suhu yang terjadi di sejumlah daerah di Bali dalam seminggu ini dipengaruhi adanya fenomena gerak semu matahari. Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah II Bali Putu Agus Dedy Permana mengatakan suhu panas ini tak terkait dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Agung.

“Faktor cuaca juga sebagai penyebab dimana cuaca berawan ini menyebabkan panas yang dipancarkan oleh matahari dan secara langsung mencapai ke permukaan bumi khususnya di Bali,” kata dia, Jumat (11/1/2019).

Sementara itu cuaca panas maksimum menembus 32 derajat hingga maksimum 35 derajat celcius ini tidak mempengaruhi wisatawan berkunjung ke Pantai Kuta mereka masih merasa enjoy berlibur di Bali.

Putu Agus Dedy Permana memperkirakan, fenomena gerak semu matahari masih akan terjadi beberapa hari kedepan.

“Hal yang sama terjadi pada malam hari cenderung mendung sehingga menyebabkan panas yang seharusnya terlepas ke angkasa tersebut akan tertahan. Sehingga suhu akan terjebak di permukaan bumi dan mengakibatkan suhu semakin panas,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7420 seconds (0.1#10.140)