Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara

Senin, 31 Desember 2018 - 15:57 WIB
Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara
Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara
A A A
SALATIGA - Semua jalur pendakian ke Gunung Merbabu ditutup sementara karena kondisi cuaca ekstrem dan sering terjadi badai. Langkah tersebut diambil Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Berdasarkaan surat edaran Balai Taman Nasional Gunung Merbabu SE.709/T.75/TU/EVLAP/2018 yang ditandatangani Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Edy Sutiyarto, jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup sementara mulai 30 Desember 2018 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Selain mempertimbangkan faktor cuaca, penutupan semua jalur pendakian Gunung Merbabu juga memperhatikan aspek keselamatan pengunjung.

“Surat edaran dari BTNGM tentang penutupan semua jalur pendakian baru kami terima tadi pagi. Dan surat edaran tersebut sudah kami sosialisasikan kepada para pendaki dan komunitas pencinta alam serta masyarakat,” ujar Bento, pengurus basecamp pendakian jalur Thekelan, Batur, Getasan, Senin (31/13/2018).

Setidaknya ada empat jalur pendakian Gunung Merbabu yang masuk wilayah Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Yakni Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang; Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang; Wekas (Pakis, Magelang) dan Selo (Boyolali).

“Semua jalur pendakian resmi ditutup sementara. Dan pada malam tahun baru nanti tidak ada aktivitas pendakian di Gunung Merbabu,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1545 seconds (0.1#10.140)