Kebakaran Gedung ITB Akibat Korsleting, Arsip-arsip Penting Hangus

Minggu, 30 Desember 2018 - 22:06 WIB
Kebakaran Gedung ITB Akibat Korsleting, Arsip-arsip Penting Hangus
Kebakaran Gedung ITB Akibat Korsleting, Arsip-arsip Penting Hangus
A A A
BANDUNG - Kebakaran hebat yang melanda Pascasarjana Studi Pembangunan Institut Teknologi Bandung (ITB), diduga akibat hubungan arus pendek (korsleting) listrik di lantai dasar.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Linggaswara mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, tercium bau kabel terbakar sebelum api berkobar. Namun, dugaan ini masih didalami.

”Petugas masih mendalami penyebab pasti adanya percikan api yang akhirnya merambat dan membuat gedung tiga lantai tersebut terbakar,” kata Ferdi, Minggu (30/12/2018).

Dia memastikan, tidak ada korban akibat kejadian ini. Tetapi, arsip-arsip yang ada di dalam gedung hangus terbakar. (Baca juga: Gedung Pascasarjana ITB Luluh Lantak Dilalap si Jago Merah)

Mengenai jumlah kerugian, dirinya belum dapat mengestimasikan karena perlu ada keterangan dari bagian sarana dan prasarana ITB.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, polisi bersama ITB akan menindaklanjuti penyebab kebakaran. Tim laboratorium forensik Polri akan terjun ke lokasi untuk mendata dan mendalami kejadian tersebut.

"Reskrim akan menindaklanjut setelah pendinginan selesai. Nanti akan dipasang police line (garis polisi) untuk kepentingan lebih lanjut," katanya.

Kepala Keamanan Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan ITB Yogi Wibisono Budhi mengatakan, api muncul sejak pukul 16.30 WIB. Peristiwa itu segera dilaporkan ke Dinas Kebakaran Kota Bandung.

Menurut Yogi, sejumlah arsip penting ikut terbakar. "Biasanya kalau di dalam kantor tentu menyimpan beberapa arsip penting, namun sejauh mana tingkat kepentingannya nanti akan dilakukan penyelidikan," kata dia.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5471 seconds (0.1#10.140)