Cuaca Ekstrim, Kapal di Manado Dilarang Berlayar

Jum'at, 28 Desember 2018 - 01:35 WIB
Cuaca Ekstrim, Kapal di Manado Dilarang Berlayar
Cuaca Ekstrim, Kapal di Manado Dilarang Berlayar
A A A
Cuaca ekstrim di Manado berdampak kepada larangan sejumlah kapal penumpang untuk berlayar. Kapal-kapal tersebut ditunda pelayarannya menyusul adanya pelarangan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado.

"Situasi terkini angin dan gelombang masih cukup tinggi, jadi kapal-kapal belum kami berangkatkan kami tunda keberangkatan sampai dengan cuaca membaik kembali," tegas Kepala KSOP Manado, Stanislaus Wetik kepada wartawan, Kamis 27 Desember 2018.

Menurut Wetik, pelarangan dilakukan sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan sambil pihaknya terus memantau kondisi serta peringatan dari BMKG Sulut.

"Hari ini ada tiga kapal tujuan Talaud, Tahuna dan Siau kami larang berangkat karena cuaca buruk," kata Stanislaus.

Meski sudah dilarang, namun para penumpang enggan beranjak dan memilih bertahan di Pelabuhan sambil menunggu kepastian untuk diberangkatkan.

"Akan tetap menunggu sampai bisa berangkat," ujar Frangky, salah seorang penumpang tujuan Talaud.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Provinsi Sulawesi Utara yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Cuaca ekstrim ini diperkirakan terjadi di wilayah Manado, Kotamobagu, Tomohon, Bitung, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolmong, Bolmong Utara, Bolmong Timur dan sekitarnya serta dapat meluas ke wilayah Minahasa Tenggara, Bolmong Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan sekitarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7576 seconds (0.1#10.140)