Cegah Bahaya Narkoba, LP Pematangsiantar Giatkan Pembinaan Rohani

Selasa, 27 November 2018 - 10:27 WIB
Cegah Bahaya Narkoba,...
Cegah Bahaya Narkoba, LP Pematangsiantar Giatkan Pembinaan Rohani
A A A
PEMATANGSIANTAR - Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Pematangsiantar, Sumatera Utara menggiatkan pembinaan rohani bagi warga binaan. Program ini dilakukan untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sehingga tidak mengulangi dan menjauhi pelanggaran hukum setelah selesai menjalani hukumannya, dan bisa kembali di tengah-tengah masyarkat menjadi manusia yang baru," kata Kepala LP Kelas II A Pematangsiantar, Porman Siregar kepada wartawan, Selasa (27/11/2018).

Di samping itu, Porman juga berharap melalui pembinaan rohani seperti Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) yang dilaksanakan Sabtu (24/11/2018) lalu dengan menghadirkan Pendeta David Sinaga, warga binaan menjauhi narkoba.

"Melalui pembinaan rohani selain berharap iman dan ketaqwaan warga binaan semakin baik, mereka (warga binaan) juga menjauhi narkoba," kata Porman.

Porman yang baru sekitar dua bulan menjabat kalapas membantah adanya warga binaan yang terkesan bebas menggunakan narkoba di LP Kelas II A Pematangsiantar. "Personel LP Kelas II A Pematangsiantar juga rutin menggelar razia sebagai upaya menghindari warga binaan dalam penyalah gunaan narkoba," kata Porman.

Upaya lain yang dilakukan untuk menghindari pengaruh narkoba di kalangan warga binaan dengan memindahkan warga binaan berisiko tinggi ke lembaga pemasyarakatan di luar daerah.

Pendeta TH Sitorus dari GKPI Resort Siantar Kota yang dihubungi terpisah mengakui pihaknya rutin memberikan pelayanan dan doa bersama warga binaan di LP Kelas II A Pematangsiantar. "Setiap hari Jumat secata rutin tim dari GKPI Siantar Kota memberikan pembinaan rohani dan doa bersama warga binaan di LP Kelas II A Pematangsiantar," kata Sitorus.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)