Gempa Mengguncang Konawe Selatan, Terasa Hingga di Kota Kendari

Senin, 05 November 2018 - 16:38 WIB
Gempa Mengguncang Konawe Selatan, Terasa Hingga di Kota Kendari
Gempa Mengguncang Konawe Selatan, Terasa Hingga di Kota Kendari
A A A
KONAWE - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Ranomeeto – Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, pada Senin sore (5/11/2018).
Dari data analisis BMKG menunjukan bahwa walau gempa berkekuatan magnitudo 2,1 Skala Richter yang terjadi pada pukul 16.20.18 Wita ini kedalamannya hanya 5 kilometer dengan episenter 4,18 LS – 122,47 BT. Atau sekitar 29,5 kilometer arah Barat Daya Kendari, Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Ranomeetoo, Pasar Baruga dan Lanud HLO – Konawe Selatan dalam skala intensitas II MMI. Gempa juga dirasakan di Kota Kendari, mahasiswa di Universitas Hauoleo berhamburan keluar ruangan.

"Iya barusan gempa, dan mahasiswa lari keluar dari ruangan perpustakaan," kata Wa Ode Efiani, mahasiswa Universitas Hauoleo Kendari, Senin sore.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Konawe Selatan (SULTRA), hingga laporan ini disusun pada pukul 16.56 Wita, telah terjadi aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 3 kali. Masyarakat diimbau agar tetap tenang.

"Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Barat Daya Kendari - Sulawesi Tenggara," kata, Rosa Amelia, Kepala Stasiun Geofisika Kendari.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8319 seconds (0.1#10.140)