Berburu Koleksi Action Figure Sampai ke Luar Negeri

Minggu, 28 Oktober 2018 - 17:47 WIB
Berburu Koleksi Action Figure Sampai ke Luar Negeri
Berburu Koleksi Action Figure Sampai ke Luar Negeri
A A A
SOLO - Mengoleksi mainan action figure telah menjadi hobi sejak kecil Heru Eko Febrianto (33), warga Gang Tulodho, Baron Cilik, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. Ia rela mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah untuk mendapatkan koleksi dari berbagai negara.

Beragam koleksi action figure super hero telah dimiliki. Mulai dari Spiderman, X-Man, Caption Amerika, Hulk dan sejumlah tokoh kartun lainnya. “Sejak kecil saya memang sudah suka mengoleksi meski saat itu baru sebatas mainan plastik yang banyak dijual umum,” kata Heru Eko Febrianto, Minggu (28/10/2018). Namun, dirinya tidak puas dengan jenis koleksi yang ada.

Sehingga, perburuan koleksi merambah ke negara negara lain. Seperti dari Jepang, Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia. Mainan mainan beragam bentuk dari manca negara berhasil didapatkan dengan cara titip teman yang ada di negara tersebut. Sebelumnya, dirinya memang telah memiliki list atau daftar action figure yang ingin diburu.

Untuk mendapatkan satu action figure yang dikendaki, dirinya harus merogoh kocek antara Rp1 juta hingga Rp5 juta. Koleksi mainan sejak kecil memang mendapat dukungan dari orangtuanya. Setelah memiliki penghasilan sendiri, hobi mengoleksi semakin kuat. Tak puas dengan yang didapatkan, koleksi diberikan beragam kostum sesuai yang ada dalam imajinasinya.

Berawal dari itu, dirinya akhirnya membuat sendiri mainan action figure sebagaimana yang dinginkan. Termasuk kostum kostumnya. Seperti sepatu, jaket, hingga bentuk kepalanya. Sehingga, hobi itu kini bisa memberikan penghasilan. Sebab, teman temannya dari berbagai komunitas yang memiliki hobi yang sama, banyak yang memesan untuk dibuatkan action figure dengan model tertentu.

Pria kelahiran 15 Pebruari 1985 itu mengaku untuk membuat satu pesanan, lamanya bervariasi antara 1-2 hari hingga satu bulan. “Tergantung tingkat kerumitan,” tandasnya.

Meski bisa membuat action figure sendiri, namun dirinya terkadang masih tetap berburu koleksi action figure. Dari sekian banyak koleksi yang dimiiki, acton figure yang paling disenangi adalah Simpangse. Namun yang jelas, kemampuan membuat mainan superhero bisa menambah penghasilan. Bahkan, ia juga telah memiliki galeri untuk hobinya itu.

Sedangkan pekerjaan yang digeluti adalah membuat kaos dan desain interior. Koleksi action figure yang dimiliki tak sekedar disimpan di lemari kaca. Namun sering dibawa traveling lalu berfoto dan diunggah ke Instagram.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6516 seconds (0.1#10.140)