Sungai Batangtoru Meluap, Ratusan Rumah di Tapanuli Selatan Terendam

Minggu, 23 September 2018 - 16:29 WIB
Sungai Batangtoru Meluap, Ratusan Rumah di Tapanuli Selatan Terendam
Sungai Batangtoru Meluap, Ratusan Rumah di Tapanuli Selatan Terendam
A A A
TAPANULI SELATAN - Ratusan rumah di Dusun Dua Muara Pardomuan, Desa Simataniari, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara terendam banjir setinggi 1 meter lebih.

Kepala Desa Simataniari, Habibullah Harhap mengatakan, air yang merendam pemukiman warga akibat luapan Sungai Batangtoru. Sejak Minggu (23/9/2018) pagi, air sungai mulai naik. Puncaknya pukul 15.00 WIB air semakin bertambah bahkan sudah merendam sekitar 158 rumah Kepala Keluarga.

"Yang terendam kurang lebih 158 kepala keluarga (KK)," katanya kepada wartawan ketika dihubungi melalui telepon seluler.

Selain ratusan rumah, puluhan hektare tanaman warga seperti sawit, areal persawahan, dan lainnya juga terendam. Kondisi ini menyebabkan kerugian pemiliknya. Saat ini warga sudah membuka dapur umum di areal yang tidak terendam banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel Ilham Suhardi mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim ke wilayah banjir tersebut. "Sejumlah personel kecamatan dan BPBD sudah menuju lokasi, melihat dari dekat kondisi banjir serta membantu ketika dibutuhkan evakuasi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8689 seconds (0.1#10.140)