Kronologis Terbakarnya KM Fungka Permata V di Sulawesi Tengah

Sabtu, 15 September 2018 - 02:12 WIB
Kronologis Terbakarnya...
Kronologis Terbakarnya KM Fungka Permata V di Sulawesi Tengah
A A A
BANGGAI LAUT - KM Fungka Permata V yang mengangkut sebanyak 101 orang terdiri dari 91 Penumpang dan 10 ABK diketahui terbakar dengan korban diketahui 8 orang tewas.

Berikut Kronologis terbakar KM Fungka Permata V di perairan laut wilayah Kecamatan Bangkurung, Kabuapten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Pada Jumat Sore.

Diketahui Pada pukul 16.45 WITA, telah diperoleh informasi melalui sambungan radio milik Syahbandar Pelabuhan Banggai Laut terkait telah terbakarnya KM Fungka Permata V saat sedang berlayar di perairan laut wilayah Desa Togong Sagu, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut.

Awalnya KM Fungka Permata V berangkat dari Pelabuhan Raha Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara dan rencana menuju ke Pelabuhan Banggai Laut (transit) dan ke Pelabuhan Taliabo (Maluku Utara) dengan jumlah manifes kapal yakni Penumpang 91 orang dan ABK 10 orang.

Setelah mendapatkan informasi tersebut selanjutnya dilakukan koordinasi antara Unit KP3 Polsek Banggai, Basarnas, Syahbandar dan Anggota Koramil Banggai untuk persiapan melakukan evakusi.

Pukul 17.30 WITA, tim gabungan yang terdiri dari personel Unit KP3 Polsek Banggai, Basarnas BPBP, Polsek Lobangkurung, Syahbandar dan anggota Koramil Banggai yang dipimpin oleh Mayor Inf Jufri Halimu (Pabung Banggai Laut Kodim 1308 LB), dengan menggunakan speed milik KPLP menuju ke lokasi TKP terbakarnya KM Fungka Permata V untuk melakukan evakuasi.

Selain itu juga dilakukan koordinasi dengan masyarakat Kecamatan Bangkurung agar dapat membantu menolong dan melakukan evakuasi terhadap kapal dan para penumpang serta ABK.

Pukul 18.50 WITA, diperoleh Informasi dari Kades Togong Sagu Kecamatan Bangkurung, bahwa masyarakat Desa Togong Sagu telah menuju lokasi terbakarnya KM Fungka Permata V dan melakukan evakuasi dan menemukan sebanyak 8 orang telah meninggal dunia. Sementara sebagian penumpang dan ABK telah diselamatkan dan dibawa ke Desa Togong Sagu oleh masyarakat dan saat ini sedang dalam pendataan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0822 seconds (0.1#10.140)