Nenek Moyang Wayang Ternyata Ada di Museum Sekartaji Bantul

Kamis, 16 Agustus 2018 - 08:45 WIB
Nenek Moyang Wayang Ternyata Ada di Museum Sekartaji Bantul
Nenek Moyang Wayang Ternyata Ada di Museum Sekartaji Bantul
A A A
BANTUL - Wayang beber mungkin agak asing di telinga masyarakat. Mereka lebih familiar dengan wayang kulit atau wayang jenis lainnya. Namun siapa sangka wayang beber ini justru merupakan "nenek" dari seluruh jenis wayang yang ada sekarang.

Disebut wayang beber karena wayang ini berupa lembaran (beberan) yang dibentuk menjadi tokoh tokoh dalam cerita wayang. Setiap lembaran wayang beberapa berisi tentang satu rangkain cerita. Di Bantul tanpa banyak orang yang tahu ternyata ada Museum Wayang Beber Sekartaji. Lokasinya berada di Dusun Kanutan RT 8, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. Museum ini diresmikan belum lama baru sekitar setahun yang lalu. Meski koleksinya belum banyak, namun museum wayang beber ini mungkin satu-satunya di DIY.

Museum Wayang Beber ini didirikan oleh seorang anak muda bernama Indra Setiawan atau dikenal dengan nama Indra Suroinggeno. Indra yang juga seorang pelukis wayang beber ini juga sekaligus menjadi dalang wayang beber. "Saya ingin melestarikan, menghidupkan dan mengenalkan kembali wayang beber ke masyarakat. Wayang beber hampir punah," ujarnya Rabu (15/8/2018).

Indra mengaku risau dengan kondisi wayang beber saat ini. Saat ini wayang beber masih kalah pamor dengan wayang kulit. "Padahal wayang kulit itu nenek moyangnya ya wayang beber ini. Wayang beber ini ada lebih dulu," terangnya.

Selain membuka museum, Indra juga melayani jika ada orang yang ingin memesan wayang beber kepadanya. Selain itu Indra juga mengenalkan wayang beber kepada anak-anak sekolah. Secara periodik museumnya ini dikunjungi sejumlah siswa sekolah dasar. "Saya berharap wayang beber ini tidak punah. Anak-anak saya kenalkan bermain wayang beber, gamelan dan lain sebagainya," katanya.

Ketua Komisi Seni Budaya Nusantara (KSBN) DIY Irjen Purn Haka Astana memberikan apresiasi yang besar terhadap kiprah Indra Suroinggeno ini. Secara khusus jajaran KSBN DIY, Selasa (15/8/2018) mengunjungi museum Wayang Beber Sekartaji.

Mantan Kapolda DIY ini menjelaskan KSBN memiliki misi melestarikan dan mengembangkan seni dan nilai budaya termasuk mempertahankan warisan seni budaya tradisional Nusantara. "Museum ini bentuk nyata melestarikan budaya. Kita sangat mengapresiasi anak muda seperti ini," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3707 seconds (0.1#10.140)