Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng Kirim 69 Ton Bantuan Kemanusiaan ke NTB

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 10:30 WIB
Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng Kirim 69 Ton Bantuan Kemanusiaan ke NTB
Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng Kirim 69 Ton Bantuan Kemanusiaan ke NTB
A A A
SOLO - Jajaran Polda Jawa Tengah dan Kodam IV/Diponegoro mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebanyak 69 ton bantuan berbaga jenis dikirim dengan empat pesawat melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo, Sabtu (11/8/2018).

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, jajaran Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro langsung memberikan respons ketika Lanud Adi Soemarmo Solo membuka posko untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke NTB. Jajaran Polres dan Kodim di wilayah Jateng dikoordinir dan terkumpul bantuan yang mencapai 69 ton.

"Bantuan berbagai jenis seperti selimut, tenda, beras, mi instan, obat obatan susu dan lainnya," kata Kapolda Jateng di sela sela pengiriman bantuan di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/8/2018).

Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto mengatakan, kepekaan sosial yang ditunjukkan warga Jawa Tenngah sangat tinggi. Terbukti respons penyaluran bantuan sangat cepat, baik di lingkungan TNI, Polri dan masyarakat. Pihaknya berharap kepedulian sosial terhadap sesama harus terus dipupuk. Mengingat keterbatasan pengangkutan, masyarakat dihimbau memberikan bantuan dalam bentuk uang. Sebab keberadaannya lebih fleksibel untuk membantu korban bencana. "Seperti untuk keperluan memperbaiki berbagai fasilitas dan lainnya," tandas Wuryanto.

Danlanud Adi Soemarmo Kolonel (Pnb) Indan Gilang Buldansyah mengatakan, total bantuan yang terkumpul mencapai 69 ton. Pengiriman bantuan dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama mengggunakan empat pesawat, yakni satu pesawat C130 Hercules, dua CN2395, dan satu CN235.

Sedangkan pengiriman bantuan sisanya akan dikoordinasikan lagi dengan Mabes TNI AU. Selain pengiriman bantuan, sebanyak 42 relawan dari seluruh komunitas juga diberangkatkan untuk membantu korban bencana.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5675 seconds (0.1#10.140)