Sempat Akan Disantap, 3 Buaya Muara Diserahkan ke BBKSDA

Selasa, 07 Agustus 2018 - 19:09 WIB
Sempat Akan Disantap, 3 Buaya Muara Diserahkan ke BBKSDA
Sempat Akan Disantap, 3 Buaya Muara Diserahkan ke BBKSDA
A A A
PEKANBARU - Manajemen Pertamina RU II Dumai menyerahkan tiga ekor buaya ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Keterangan pihak Pertamina, buaya tersebut sebelumnya akan disantap warga.

"Pihak Pertamina Dumai menyerahkan sebanyak tiga ekor buaya muara ( Crocodylus porosus) ke kita. Kita sangat mengepresiasinya," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati Selasa (7/8/2018).

Menurut keterangan salah satu petinggi Pertamina, bahwa buaya tersebut diamankan sekuriti pada Bulan Juli 2018 di Jalan lintas Dumai-Rohil. Saat itu sekuriti Pertamina melihat beberapa warga membawa tiga ekor buaya dalam keranjang rotan.

Kepada warga Satpam Pertamina meminta warga menyerahkan buaya tersebut karena merupakan satwa dilindungi. Warga sempat menolak karena sudah ada yang memasan untuk disantap.

Setelah itu Satpam tersebut melakukan negosiasi dan memberikan pemahaman bahwa siapa yang memburu dan membunuh buaya akan dipenjara.

Akhirnya warga bersedia, sekuriti itu menyerahkan tiga buaya tersebut ke Seno Haryono selaku Manager HSSE Pertamina Dumai.

Senopun memelihara buaya tersebut sekitar satu bulan. Keterangan Seno bahwa dia memelihara buaya tersebut karena saat ditangkap kondisi buaya muara itu tidak sehat."Setelah sembuh, buaya tersebut baru diserahkan ke kita," imbuh Dian.

Dian menjelaskan, bahwa saat ini buaya muara tersebut sudah dibawa dari Kota Dumai ke Pekanbaru. Saat ini buaya tersebut untuk sementara dipelihara di Lembaga Konservasi Kasang Kulim, Kubang.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6840 seconds (0.1#10.140)