UNS Solo Kirim Tim Medis dan SAR ke Lokasi Gempa NTB

Selasa, 07 Agustus 2018 - 11:16 WIB
UNS Solo Kirim Tim Medis dan SAR ke Lokasi Gempa NTB
UNS Solo Kirim Tim Medis dan SAR ke Lokasi Gempa NTB
A A A
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, mengirimkan tim tanggap bencana ke lokasi gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Personel yang diberangkatkan terdiri dari tim medis, tim SAR, dan tim pendukung.

Koordinator tim UNS, Profesor Hartono mengatakan, tim medis terdiri dari belasan dokter berbagai spesialisasi yang dibutuhkan. Di antaranya anestesi, kesehatan anak, kardiovaskuler, bedah, penyakit dalam, psikiatri, serta sembilan dokter bedah tulang lengkap guna membantu korban gempa.

Para dokter yang dikirim merupakan gabungan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi, Solo, Rumah Sakit Orthopedi (RSOP) Solo, dan Fakultas Kedokteran UNS. “Tim diberangkatkan secara terpisah,” kata Hartono, Selasa (7/8/2018).

Tim SAR dan Mapala Vagus telah diberangkatkan Senin (6/8/2018) kemarin. “Sedangkan tim medis akan berangkat Selasa (7/8/2018) sore,” ungkap Dekan Fakultas Kedokteran UNS tersebut.

Pengiriman tim medis, SAR, dan tim pendukung diharapkan dapat membantu korban luka akibat bencana yang jumlahnya cukup banyak. Rektor UNS Solo Profesor Ravik Karsidi menyatakan, seluruh civitas akademika UNS turut berduka mendalam atas musibah gempa bumi di NTB. Pihaknya berharap bantuan berbagai pihak dapat membantu evakuasi, mempercepat penanganan korban serta pemulihan pasca bencana.

Selama ini hubungan UNS dengan masyarakat dan pemerintah di lokasi sudah cukup erat. “Di antaranya dengan banyaknya alumni UNS di sana. Juga selama beberapa tahun terakhir, wilayah Lombok menjadi lokasi KKN mahasiswa UNS,” terangnya.

Sebelumnya, 60 mahasiswa UNS yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Lombok ditarik pulang menyusul gempa bumi yang melanda wilayah NTB. Mereka ditarik bertahap pada Senin (6/8/2018) kemarin.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1126 seconds (0.1#10.140)