Kebakaran di Jalan Tera Bandung Ludeskan 15 Rumah, 3 Terluka

Senin, 09 Juli 2018 - 18:57 WIB
Kebakaran di Jalan Tera Bandung Ludeskan 15 Rumah, 3 Terluka
Kebakaran di Jalan Tera Bandung Ludeskan 15 Rumah, 3 Terluka
A A A
BANDUNG - Sebanyak 15 unit rumah di Gang Nur, Jalan Tera, RT 02/05, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, ludes terbakar, Senin (9/7/2018) pukul 14.30 WIB. Akibat peristiwa itu, 84 jiwa atau 27 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

Kepastian jumlah rumah warga yang terbakar itu diperoleh dari hasil pendataan petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Sekretaris RW 05 Jojomengatakan, 15 rumah yang terbakar itu berdekatan dengan titik api. Lantaran angin bertiup kencang, api cepat membesar dan merembet ke rumah-rumah lain di sekitarnya. "Beruntung kejadian ini tak menimbulkan korban jiwa," kata Jojo.

Informasi yang diperoleh dari Diskar PB Kota Bandung menyebutkan, api pertama kali membakar rumah salah satu warga, Siswandi (34). Sebelum kejadian, Siswandi yang merupakan pedagang pecel lele, sedang menanak nasi. Kompor untuk memasak nasi tersebut tersenggol tikus dan jatuh menimpa selang kompor gas. Api langsung membesar, membakar dapur rumah dan tidak bisa dikendalikan sehingga merambat ke rumah warga lain yang berdekatan.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, untuk memadamkan api, Diskar PB mengerahkan satu unit pancar UPT Utara, satu unit pancar UPT Timur, satu pancar UPT Barat, dua pancar UPT Selatan, empat pancar Mako Pusat, satu unit Water Tank Pusat, 2 Unit Rescue, dan 2 Unit Komando.

Selain itu, datang pula mobil pemadam kebakaran bantuan dari Setda Provinsi Jabar dan PLN DJB. Bantuan medis datang dari PMI dan Dinkes Kota Bandung. Sedangkan untuk identifikasi Tim Inafis Polrestabes Bandung.

"Selain pemadaman, kami juga melakukan penyelamatan, evakuasi orang dan harta benda. Karena lokasi titik api sulit dijangkau, kami membagi empat tim mengurai selang agar bisa mendekat. Mereka melakukan penyekatan terhadap bangunan di sekitarnya. Penanganan kebakaran selesai pukul 17.15 WIB," kata Ferdi.

Selain puluhan rumah warga, ujar Ferdi, tindakan cepat petugas Diskar PB berhasil menyelamatkan Apartemen Tera Residence, Hotel Crown, dan Gedung Arsip Pemprov Jabar yang berdekatan dengan lokasi kebakaran.

Ferdi menuturkan, selain meludeskan 15 rumah, kebakaran juga menyebabkan Siswandi (34) menderita luka bakar di lengan, Popon (67) pingsan karena memiliki riwayat jantung, dua orang lainnya luka ringan. Korban diberi bantuan medis oleh anggota PMI Kota Bandung. "Kerugian akibat kebakaran ini masih ditaksir."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)