Pemilihan Bupati Puncak Papua, Pasangan Wandik-Balinal Klaim Raih 97% Suara

Rabu, 27 Juni 2018 - 16:55 WIB
Pemilihan Bupati Puncak Papua, Pasangan Wandik-Balinal Klaim Raih 97% Suara
Pemilihan Bupati Puncak Papua, Pasangan Wandik-Balinal Klaim Raih 97% Suara
A A A
PUNCAK - Pemilihan Bupati Puncak, Papua, yang diikuti calon tunggal berjalan lancar dan terkendali, Rabu (27/6/2018). Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Puncak, Willem Wandik-Pelinus Balinal meraih 97% suara.

Ketua tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Puncak, Willem Wandik-Pelinus Balinal, Thomas Tabuni mengatakan, laporan data dari koordinator tim pemenangan di tiap TPS yang ada di distrik hingga saat ini, pasangan Wandik - Balinal meraih 97% suara.

"Hari ini kami menyapu bersih suara dari 206 TPS pada 25 distrik yang ada di Kabupaten Puncak. 97% kami menang mutlak,” ujar Thomas Tabuni.

Sementara itu, Ketua KPU Puncak Papua, Erianus Kiwak mengatakan, pilkada serentak di Kabupaten Puncak kali ini berjalan dengan aman dan terkendali berkat kerjasama dari masyarakat, Polri, dan TNI. "Ada sekitar 158.340 DPT yang terdaftar dari 25 distrik Kabupaten Puncak. Ada yang menyoblos secara langsung, ada pula sistem noken karena daerah Puncak Papua ini merupakan daerah pegunungan," katanya.

Kabupaten Puncak pernah mengalami sejarah kelam saat pelaksanaan pilkada 2013 lalu. Saat itu 51 warga tewas karena perang selama proses pilkada dalam kurun waktu dua tahun pada kisaran 2011-2013. Meski pilkada sudah selesai, suasana masih mencekam hingga awal 2015.

"Kami awalnya mengkhawatirkan adanya gangguan saat pemungutan suara berlangsung di Puncak Papua, namun berkat kerja sama masyarakat, TNI dan Polri situasi aman, lancar dan terkendali. Masyarakat datang berbondong-bondong ke TPS dan menyuarakan pilihannya. Ini menandakan bahwa masyarakat sudah dewasa dalam berdemokrasi menjaga situasi tetap kondusif," ucap Erianus Kiwak.

Berikut nama 25 distrik di Kabupaten Puncak, Papua: Agadugume, Amungkalpia, Beoga, Beoga Barat, Beoga Timur, Bina, Dervos, Doufo, Eralmakawia, Gome, Gome Utara, Ilaga, Ilaga Utara, Kembru, Lambewi, Mabugi, Mageambume, Ogamanim, Omukia, Oneri, Pogoma, Sinak, Sinak Barat, Wangbe, Yugumuak.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9179 seconds (0.1#10.140)