Jelang Pencoblosan, Tim Paslon Saling Klaim Menang di Pilgub Jateng

Rabu, 27 Juni 2018 - 04:10 WIB
Jelang Pencoblosan, Tim Paslon Saling Klaim Menang di Pilgub Jateng
Jelang Pencoblosan, Tim Paslon Saling Klaim Menang di Pilgub Jateng
A A A
SEMARANG - Beberapa jam menjelang coblosan Pilgub Jawa Tengah, kedua tim pasangan calon (paslon) sama-sama mengeluarkan rilis hasil survei. Menariknya, dari temuan hasil survei yang dilakukan tim pemenangan kedua paslon, baik tim Ganjar-Yasin maupun Sudirman-Ida, sama-sama unggul dalam perolehan suara dalam coblosan Pilgub Jateng yang digelar hari ini, 27 Juni 2018.

Di kubu pasangan nomor 1, Ganjar Pranowo-Tak Yasin, telah memprediksi kemenangan 71,6%. Sedangkan pasangan nomor 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah, yakin akan meraup 60% suara.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan survei harian sejak 18 Juni hingga kemarin. Dalam survei tersebut, diungkapkan Bambang Pacul bahwa tren elektabilitas pasangan Ganjar-Yasin selalu mengungguli Sudirman-Ida.

"Survei harian ini early warning system. Di DKI kita tidak punya," ujar Pacul saat memaparkan hasil survei harian di Kantor DPD PDIP Jateng di Jalan Brigjen Katamso, Semarang, Selasa (26/6/2018) malam.

Menurutnya, metodologi survei yang dilakukan adalah dengan teknik multistage random sampling dengan 700 responden. Penarikan sample dilakukan secara acak dan proporsional. Margin of error sebesar ± 3,8%. Metodenya berdasarkan ilmu dari Galup Consulting, Korsel yang disesuaikan dengan internal partai.

Anggota Fraksi PDIP DPR RI itu membeberkan, dari hasil survei tanggal 25 Juni 2018 kemarin yaitu 65,4% untuk Ganjar-Yasin, 26% untuk Sudirman-Ida. Adan 8,6% yang belum memutuskan.

"Kalau ilmunya benar, Ganjar-Yasin akan dapat 61,6 persen itu terendah. Normal 65,4 persen, estimasi paling top 71,6 persen," bebernya.

Dia menyebutkan, kalau angka estimasi terendah dan tertinggi itu diperoleh dari simulasi pendistribusian suara yang belum memilih. Angka 61,6% diperoleh jika suara yang belum menentukan memberikan suara ke Sudirman-Ida. Sedangkan jika didistribusi normal maka Ganjar-Yasin memperoleh 71,6%. "Besok kita lihat, betul tidak ini," terang Pacul.

Sementara itu, tim paslon nomor urut 2 Sudirman-Ida juga meyakini bisa meraih kemenangan dengan persentase 60%. Persiapan menuju pemenangan telah dilakukan secara maksimal, termasuk dengan menyiapkan tim quick count.

Sekretaris DPW PKB, Sukirman menyatakan kesiapannya untuk memenangkan Pilgub Jateng 2018 sesuai dengan target. "Kita siap menang sesuai target, malam ini melengkapi kerja hampir setahun persiapan dan juga memberikan ketegasan siap bertempur, kawal proses dari pencoblosan TPS sampai tabulasi," tegas Sukirman di kantor DPD Gerindra Jateng, Jalan Durian, Semarang, Selasa (26/6/2018) malam.

Tim paslon Dirman-Ida itu juga membentuk tim tabulasi untuk quick count mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi. Hitung cepat tersebut diambil menggunakan 1.000 sampel.

"Jumlah sampling akan diambil dari kabupaten/kota, total ada 1.000 sampel. Mekanismenya dari TPS sampling dikirim data di tingkat kecamatan, kemudian lanjut ke kabupaten/kota kemudian sampai di tingkat provinsi," jelas Sekjen tim pemenangan Sudirman-Ida, Ikhsan Mustofa.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8687 seconds (0.1#10.140)