Festival Danau Sentani 2018 Berjalan Sukses, Pj Gubernur Beri Apresiasi

Selasa, 26 Juni 2018 - 15:50 WIB
Festival Danau Sentani...
Festival Danau Sentani 2018 Berjalan Sukses, Pj Gubernur Beri Apresiasi
A A A
JAYAPURA - Festival Danau Sentani (FDS) XI 2018 mendapat apresiasi dari Pejabat Gubernur Papua Soedarmo. Untuk lebih memberikan dampak terhadap pembangunan di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya, Soedarmo berharap supaya promosi FDS lebih ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

"Pelaksanaan FDS yang memang telah terencana ini, cukup bagus. Sinergitas antara institusi juga terlihat baik," ujar Soedarmo, usai menutup pelaksanaan FDS XI 2018, di Khalkote Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/6/2018).

Untuk ke depannya, kepanitian FDS bisa melibatkan juga orang-orang dari pusat demi menguatkan promosi. Dirinya mencontohkan pelaksanaan SEAL Raja Ampat, Bunaken dan sebagainya.
Festival Danau Sentani 2018 Berjalan Sukses, Pj Gubernur Beri Apresiasi


"Bisnis pariwisata tidak akan maju tanpa promosi. Contohnya Malaysia dan Thailand, potensi wisatanya kalah jauh dari Indonesia, tapi karena promosinya bagus, wisatawan mancanegara banyak yang ke sana," pintanya.

Selain itu, tambah Soedarmo, soal keamanan dan kenyamanan juga harus diperhatikan. Masyarakat juga harus dilatih dalam menerima wisatawan.

"Masyarakat harus santun, murah senyum, tidak melakukan provokasi, trik penipuan dan harus tonjolkan kejujuran. Ini semua tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Pariwisata, tapi harus oleh semua pihak dan saling bersinergi," sebutnya.

Sedangkan Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw mengucapkan tasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan kegiatan FDS XI.

"Saya juga sampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini. Kemudian tak lupa permohonan maaf bila terjadi hal-hal yang tidak berkenan bagi para pengunjung dan wisatawan," katanya.

Dikatakan, akibat peralihan tanggung jawab pelaksana FDS dari Pemerintah Daerah kepada pihak ketiga, sempat terjadi sejumlah hal yang tidak terkoordinasi dengan baik.

"Saya berharap penyelenggaraan FDS kedepan bisa semakin ditingkatkan kualitasnya dengan belajar pada kekurangan yang terjadi sekarang," pungkasnya.

Selain diisi oleh tarian adat asal suku Sentani serta ritual pembuatan perahu tradisional, FDS juga dimeriahkan dengan penampilan grup music Papua Original yang membawa berbagai lagu kenangan dari Black Brothers dan lagu khas Papua lainnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8061 seconds (0.1#10.140)