Akhir Pekan, Kendaraan di Tol Tangerang Merak Meningkat

Sabtu, 23 Juni 2018 - 14:55 WIB
Akhir Pekan, Kendaraan di Tol Tangerang Merak Meningkat
Akhir Pekan, Kendaraan di Tol Tangerang Merak Meningkat
A A A
SERANG - PT Marga Mandalasakti memprediksi arus balik pemudik yang melintasi Ruas Tol Tangerang-Merak mengalami peningkatan. Perkiraan kami, puncak arus balik diikuti dengan penyeberangan di Pelabuhan Merak yang ramai mulai Sabtu (23/6/2018).

Rata-rata yang akan kembali adalah pemudik asal Pulau Sumatera yang pulang menggunakan kendaraan pribadi roda empat dan arus wisata dari wilayah Anyer-Carita-Tanjung Lesung.

Berdasarkan perhitungan kami, diprediksi ada kenaikan lalu lintas arus balik angkutan Lebaran tahun ini sebesar 18,05% jika dibandingkan rata-rata harian normal atau sebanyak 165.475 kendaraan.

Puncak arus balik Lebaran kali ini juga dipengaruhi oleh arus wisata dengan data yang tercatat 51.199 kendaraan yang berasal dari kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita.

Mengantispasi lonjakan, pengelola memaksimalkan operasional 89 gardu reguler yang terdapat pada 10 Gerbang Tol terdiri atas 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem dengan komposisi Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 23 gardu terdiri atas 12 Gardu Entrance, 9 Gardu Exit dan 2 Gardu Ramp.

Penetrasi pengguna uang elektronik pada arus balik diprediksi mencapai 96,5%. Sebelumnya pada periode diskon arus mudik, penetrasi pengguna uang elektronik mencapai 96,75% persen atau sebanyak 1.346.984 kendaraan.

Dalam upaya menangani kepadatan arus balik serta liburan dilakukan penangan lalu lintas yakni pengoperasian gardu tandem di Gerbang Merak sebanyak 2 unit saat antrean arus balik dan petugas pengaturan lalu lintas antrean gerbang dan gardu tandem sebanyak 10 petugas siaga.

Pengoperasian gardu tandem di Gerbang Tol Serang Timur sebanyak 1 unit saat antrean arus balik Wisata. Tambahan 30 personel pelayanan gardu yang tersebar di 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5591 seconds (0.1#10.140)