UMM Ajak Anak-anak Bermain dan Belajar dengan Mobil Kamis Membaca

Senin, 21 Mei 2018 - 09:39 WIB
UMM Ajak Anak-anak Bermain dan Belajar dengan Mobil Kamis Membaca
UMM Ajak Anak-anak Bermain dan Belajar dengan Mobil Kamis Membaca
A A A
MALANG - Anak-anak di lereng Gunung Butak, menikmati sore jelang berbuka puasa di Bulan Ramadhan, dengan bermain dan belajar bersama Mobil Kamis Membaca (KaCa) Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM).

Mobil inovatif milik UMM yang memiliki banyak layanan untuk anak-anak ini, tetap memberikan layanan bermain dan belajar saat puasa Ramadhan. Salah satunya, di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Anak-anak lereng gunung tersebut, begitu antusias bermain dan belajar di sore hari, saat menyambut waktu berbuka puasa. Hal ini dapat terlihat pada Minggu (20/5/2018) sore saat Mobil KaCa UMM memberikan berbagai layanan untuk anak-anak di halaman Taman Kanak-kanak (TK) Aisuyah Bustanul Athfal 23 di Kecamatan Dau.

Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FPsi) UMM, mobil ini melaksanakan kegiatan nonton bersama. Selain itu juga melaksanakan beberapa kegiatan yang tergabung pada K-A-N-C-A-N-E. Di antaranya Ayo Dolanan, Coto (Konco Cerito) Babad, Aku Jurnalis, dan EYL (English for Young Learners).

Ketua BEM FPsi UMM, Bintang Sasmita Wicaksana menyebutkan, anak-anak sangat senang dengan kehadiran Mobil KaCa UMM. Mereka bisa belajar, dan bermain bersama. "Kegiatan ini, juga mendapatkan dukungan para guru, dan warga setempat. Mereka senang, anak-anak mendapatkan kegiatan positif saat bulan puasa Ramadhan," ungkapnya.

Saat menggelar nonton bersama, menurut mahasiswa semester enam ini, anak-anak dan warga juga diajak merefleksikan pesan moral yang ada dalam film tersebut. Film yang diputar, adalah animasi film seri "Pada Zaman Dahulu".

Ahmad Maulana, 9, salah satu dari ratusan anak-anak yang mengikuti kegiatan Mobil KaCa UMM. Pelajar kelas tiga Sekolah Dasar (SD) ini, sangat senang bisa menoton film animasi bersama teman-temannya. "Baru kali ini saya dan teman-teman ikut kegiatan seperti ini. Menyenangkan, karena bisa belajar dan bermain bersama teman-teman," ujarnya.

Kepala TK Aisiyah Bustanul Athfal 23, Nuryati mengaku sangat senang dengan kegiatan yang merupakan hasil kerja sama dengan BEM FPsi pada kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Psychology Social Project.

Kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca bagi anak-anak di dusun yang terletak di lereng Gunung Butak ini. "Saya sangat senang karena UMM telah banyak membantu saya secara pribadi, dan mebantu membangun dusun ini melalui beberapa agenda pengabdian masyarakatnya," ungkapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5953 seconds (0.1#10.140)