Jarak Puskesmas Jauh, PT KAI Hadirkan Rail Clinic di Stasiun Catang Serang

Selasa, 08 Mei 2018 - 14:22 WIB
Jarak Puskesmas Jauh, PT KAI Hadirkan Rail Clinic di Stasiun Catang Serang
Jarak Puskesmas Jauh, PT KAI Hadirkan Rail Clinic di Stasiun Catang Serang
A A A
SERANG - Kereta Rail Clinic dan Rail Library menyambangi Stasiun Catang, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada ratusan masyarakat sekitar.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, rangkaian kereta rail clinic generasi ke-4 memiliki pelayanan kesehatan lengkap layaknya rumah sakit. Rail Clicic juga diciptakan untuk menembus daerah yang sulit dilalui kendaraan.

"Berdasarkan keterangan dari kepala Puskesmas di Kecamatan Tunjung Teja ini, memang pelayanan kesehatan bagi masyarakat agak jauh dari fasilitas kesehatan (Puskesmas), kurang lebih 5 kilometer jaraknya," kata Dadan kepada wartawan, di Serang. Selasa (8/5/2018).

Dia menjelaskan, di dalam rail clinic terdapat pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. PT KAI menyiagakan 26 personel terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 dokter mata, 2 tenaga laboratorium dan 17 perawat.

Dadan berharap, dengan hadirnya Rail Clinic dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di sepanjung jalur kereta api. "Kereta ini ada empat gerbong untuk pelayanan kesehatan lengkap, dan dua gerbong untuk perpustakaan yang beriksan 328 judul buku-buku manual, dan 128 judul e-book," ujarnya.

Salah satu siswa SDN 1 Catang Andini mengaku antusias dengan hadirnya kereta perpustaakan yang baru pertama kali datang ke Stasiun Catang. "Bagus, bersih perpustakaannya, baru pertama kali baca buku di atas kereta. Pengennya (rail library) sering datang ke sini," kata siswa kelas VI itu.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7060 seconds (0.1#10.140)