Razia Ponsel, Penyebab Napi Lapas Kesambi Cirebon Rusuh

Rabu, 21 Maret 2018 - 21:42 WIB
Razia Ponsel, Penyebab Napi Lapas Kesambi Cirebon Rusuh
Razia Ponsel, Penyebab Napi Lapas Kesambi Cirebon Rusuh
A A A
BANDUNG - Ratusan narapidana (napi) Lapas Klas 1 Cirebon atau Lapas Kesambi mengamuk pada Rabu (21/3/2018) siang. Kericuhan itu terjadi diduga dipicu oleh razia telepon seluler (ponsel) yang digelar petugas lapas.

Kasubag Humas Kanwil Kemenkumham Jabar Yayan Ahmad Sufyani membenarkan peristiwa tersebut. Namun, kericuhan tak menimbulkan korban jiwa dan luka-luka. Petugas lapas dibantu Polres Cirebon Kota berhasil mengamankan situasi. "Ya benar (ada keributan)," kata Yayan dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Yayan mengemukakan, kerusuhan terjadi diduga disebabkan oleh razia telepon genggam yang dilakukan petugas lapas. Sejumlah napi tak terima dirazia lalu memprovokasi napi lain sehingga memicu kerusuhan. "Karena razia HP, mereka enggak nerima," ujar Yayan.

Meski sempat terjadi kerusuhan, tutur Yayan, kondisi Lapas Klas 1 tak mengalami kerusakan. Saat ini kondisi di lapas telah kondusif. Petugas lapas dan kepolisian pun telah berhasil meredakan situasi. "Saat ini situasi sudah kondusif," tutur dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8362 seconds (0.1#10.140)