Menhub Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas di Bandung

Sabtu, 03 Maret 2018 - 23:07 WIB
Menhub Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas di Bandung
Menhub Kampanyekan Keselamatan Berlalu Lintas di Bandung
A A A
BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, di Indonesia, kecelakaan lalu lintas seperti penyakit terbesar yang mengakibatkan kematian. Angka kecelakaan setiap tahunnya lebih dari 100.000 kasus, dengan angka kematian mencapai 25.000 per tahun.

"Sikap safety itu sederhana. Saya sebutkan tiga contoh yang gampang bisa lakukan, satu menjaga jarak aman, mengurangi kecepatan, dan mengenakan helm. Mengurangi 10% saja kecepatan kendaraan dapat menghindari kecelakaan fatal. Kampanye ini (be a safety hero) merupakan upaya untuk mengendalikan dan menurunkan angka kecelakaan," kata Budi dalam acara kampanye keselamatan berlalu lintas bertema "Be a Safety Hero" di Auditorium Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (3/3/2018).

Acara yang dihadiri 4.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung itu digagas dan dilaksanakan oleh PT Jasa Raharja (Persero). Mahasiswa menjadi sasaran kampanye karena agent of change (agen perubahan) tersebut diharapkan dapat menularkan keselamatan berlalu lintas kepada teman-temannya dan masyarakat.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo mengemukakan, pada 2017, Jasa Raharja telah memberikan santunan kecelakaan darat, laut, maupun udara, sebesar Rp1,9 triliun. Besarnya santunan itu lantaran angka kecelakaan lalu lintas masih tinggi.

Berdasarkan data, kecelakaan lalu lintas banyak memakan korban usia produktif berusia antara 20-50 tahun dengan persentase 55,8% dari total korban kecelakaan lalu lintas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8316 seconds (0.1#10.140)