Buka Rumah Aspirasi, Khofifah Ingin Kuatkan Dermaga Perintis

Rabu, 14 Februari 2018 - 21:21 WIB
Buka Rumah Aspirasi,...
Buka Rumah Aspirasi, Khofifah Ingin Kuatkan Dermaga Perintis
A A A
SURABAYA - Pelepasan sembilan ekor merpati oleh Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi simbol pembukaan Rumah Aspirasi yang berada di Jalan Diponegoro, Surabaya. Rumah itu menjadi ruang dialog bersama rakyat dalam memahami kebutuhan di Jatim.

Sementara sembilan ekor merpati juga menjadi simbol 9 Program Nawa Bhakti Satya yang juga perlambang jumlah bintang yang mengelilingi bumi dalam logo Nahdlatul Ulama (NU). Akar perjuangan Khofifah adalah NU dan diharapkan mampu memperjuangkan dan mengentas kemiskinan warga Jatim yang masih tinggi di perdesaan.

Khofifah menuturkan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengentas kemiskinan di Jatim. Realisasi program yang menjadi andalannya diharapkan mampu bersentuhan dan membawa dampak bagi masyarakat, terutama mereka yang ada di perdesaan.

Dari sembilan program itu, pihaknya ingin mengoptimalkan dermaga perintis yang ada di kepulauan. "Jadi dermaga perintis di Sumenep harus jalan, penguatan layanan transportasi laut di Pulau Bawean, serta pengembangan di pesisir selatan," ujar Khofifah ketika ditemui seusai meresmikan Rumah Aspirasi, Rabu (14/2/2018) malam.

Kehadiran dermaga perintis, lanjutnya, akan menjadi urat nadi perekonomian warga di kawasan terpencil. Arus barang serta penataan logistik yang mumpuni bisa membantu kawasan tertinggal serta terisolir.

"Jadi akses ini untuk membangun infrastruktur dalam kerangka pengembangan wilayah terpadu, dan keadilan akses bagi masyarakat pesisir dan desa terluar."

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan, dukungan dermaga perintis itu bisa melengkapi percepatan dan pengembangan bandara perintis yang juga akan dikembangkan. Ditambah lagi dengan akses kawasan Lingkar Wilis, Lingkar Bromo, Lingkar Ijen, Gerbang Kertasusila, koridor maritim Pantura Jawa-Madura, serta koridor maritim Selatan Jawa.

Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil, KH M Roziqi mengatakan, Rumah Aspirasi ini akan menampung segala unek-unek dan masukan warga Jatim dalam rangka melaksanakan 9 Program Nawa Bhakti Satya. Masyarakat bisa hadir menyampaikan aspirasinya di Rumah Aspirasi yang selalu terbuka bagi semua masyarakat.

Bahkan, ibu-ibu Muslimat NU yang turut hadir di acara launching Rumah Aspirasi dan peluncuran Program Nawa Bhakti Satya diharapkan sesering mungkin datang untuk bertukar pikiran. Semua ide dan gagasan yang diberikan menjadi masukan berarti bagi Khofifah-Emil yang maju dalam pertarungan politik di Jatim.

"Mudah-mudahan ibu-ibu hadir di sini untuk menyampaikan aspirasinya. Semoga Ibu Khofifah menang dan dilantik menjadi gubernur," ucap Roziki.

Sekretaris Tim Pemenangan Renville Antonio mengatakan, posko ini akan menjadi rumah rakyat dan menampung semua permasalahan sosial di masyarakat. Kedekatan Khofifah-Emil dengan masyarakat menjadi pintu masuk untuk bisa memahami semua kebutuhan di semua sektor.

"Selain menjadi tempat penyaluran aspirasi dukungan, rumah aspirasi juga digunakan untuk menampung aspirasi masyarakat terkait permasalahan sosial yang ada di Jatim. Nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan untuk program-program Khofifah-Emil jika menang di Pilgub Jatim," jelas Renville.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)