2 Tahun Kepemimpinan Ansharuddin, Kirim Putera Terbaik ke LN

Kamis, 08 Februari 2018 - 21:05 WIB
2 Tahun Kepemimpinan...
2 Tahun Kepemimpinan Ansharuddin, Kirim Putera Terbaik ke LN
A A A
BANJARMASIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan, memberikan kesempatan kepada putera-puteri terbaiknya untuk belajar ke luar negeri untuk meningkatkan sumber daya manusia daerah.

Bupati Balangan H Ansharuddin di Banjarmasin mengatakan, saat ini beberapa putera-puteri terbaik daerah sedang belajar di berbagai negara antara lain China, Saudi Arabia dan beberapa negara lainnya, dengan biaya dari daerah.

"Program peningkatan sumber daya manusia daerah, menjadi salah satu fokus pembangunan saat ini. Antara lain dengan memberikan kesempatan kepada putera-puteri daerah untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa daerah," kata Ansharuddin.

Selain ke luar negeri, pemerintah juga memberikan beasiswa kepada pelajar SLTA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dalam negeri, sesuai ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan. Selain beasiswa bagi pelajar, mulai dari SD hingga SLTA dan perguruan tinggi, Pemkab Balangan juga memberikan beasiswa pendidikan kepada para guru, untuk melanjutkan pendidikan terutama guru yang belum memiliki ijazah sarjana.

"Saya ingin seluruh guru nantinya berpendidikan setingkat sarjana, jadi tidak ada lagi guru lulusan SLTA," tandasnya.

Selain memberikan beasiswa, pihaknya saat ini sedang mengembangkan perpustakaan daerah. Bahkan hingga pelosok, untuk mendorong masyarakat gemar membaca.

Melalui perpustakaan desa ini, diharapkan masyarakat akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan dengan lebih mudah. Upaya lainnya adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat, baik itu ibu rumah tangga, UMKM, calon pencari kerja, sehingga mereka mendapatkan pelatihan keterampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Sebelumnya, Bupati Balangan melaksanakan pertemuan dengan pimpinan media massa lokal, baik cetak, elektronik maupun media dalam jaringan untuk memaparkan pencapaian program Pemkab Balangan, selama dua tahun kepemimpinannya.

Menurut bupati, selama dua tahun kepemimpinannya, banyak program yang harus disesuaikan dengan visi misi pemerintah. Akuntabilitas kinerja Pemkab Balangan tahun 2017, meraih predikat CC, yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kenapa mendapat CC, karena beberapa program SKPD belum sesuai dengan visi misi daerah. Untuk itu kita akan mempertajam program-program yang ada, sehingga ke depan sudah mendapatkan nilai B," katanya sembari berjanji untuk tiga tahun ke depan, akan mempertajam seluruh program peningkatan kesejahteraan masyarakat.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)