Isnandar Akan Jadikan Betor Vespa Salah Satu Ikon Sidimpuan

Kamis, 08 Februari 2018 - 17:49 WIB
Isnandar Akan Jadikan Betor Vespa Salah Satu Ikon Sidimpuan
Isnandar Akan Jadikan Betor Vespa Salah Satu Ikon Sidimpuan
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Padangsidimpuan, Muhammad Isnandar Nasution-Ali Pada Harahap, sudah menyiapkan konsep untuk menjadikan becak bermotor (betor) vespa sebagai ikon Kota Padangsidimpuan.

“Becak Sidimpuan sudah dikenal lama dan menjadi kebanggaan masyarakat Sidimpuan sejak dahulu karena mempunyai ciri khas,” kata Isnandar kepada wartawan di Padangsidimpuan.

Ditanya tentang konsep untuk menjadikan becak tersebut sebagai ikon, kandidat yang dikenal religius ini menjawab dengan optimistis. “Tunggu hari H-nya. Para Abang becak sebagai saudara kita akan terus kita berdayakan dan dirangkul untuk membangun Kota Padangsidimpuan yang kita cintai ini,” tandasnya.

Selama ini, lanjut Isnandar, para Abang becak juga sudah banyak memberi kontribusi terhadap pembangunan Kota Padangsidimpuan. Dinamika dan kehidupan masyarakat juga semakin berwarna berkat keberadaan becak, termasuk dalam hal aspek ekonomi. Bahkan, kata Isnandar, bukan hanya penarik betor saja yang diberdayakan, para istri mereka juga akan diberdayakan.

“Peningkatan ekonomi itu harus ditopang istri mereka, sehingga menjadi kewajiban untuk melakukan pembinaan,” ujarnya.

Dia mengatakan, salah satu program utama apabila terpilih nantinya adalah dengan memperdayakan kearifan lokal, salah satunya melalui pemberdayaan betor vespa. Apabila keriapan tersebut sudah diberdayakan, maka akan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Kearifan lokal harus ditumbuhkembangkan. Salah satunya memperdayakan becak-becak Sidimpuan untuk menjadi ikon, sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap seluruh penarik betor di Padangsidimpuan agar mendukung program-program kerakyatan yang akan dibuatnya apabila terpilih. “Tanpa ada dukungan dari seluruh penarik becak ini, maka program tersebut tidak akan berjalan,”tandasnya.

Asmar Harahap (35), salah seorang penarik betor di Jalan Sudirman mengatakan, para penarik betor berharap akan ada pemimpin yang benar-benar peduli terhadap nasib mereka. ”Kami mendambakan ada seorang calon pemimpin yang mempunyai konsep untuk mendukung peningkatan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Selama ini, perhatian pemeritah terhadap nasib para penarik becak kurang maksimal. Dengan terpilihnya Isnandar nanti, penarik becak berharap agar perekonomian mereka dapat meningkat.

Pernyataan sama disampaikan Saleh Siregar (45), yang juga salah seorang penarik betor. Menurutnya, masih banyak penarik becak yang tidak memiliki becak sendiri. Sehingga, diharapkan ada pemimpin ke depannya yang mampu menciptakan penarik betor yang mandiri tanpa menyewa becak orang lain.

”Saya yakin kepada Isnandar, karena sudah dibuktikan dengan sistem pengelolahan perusahaan mereka yang maju,” tandasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6113 seconds (0.1#10.140)