Ribuan Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Warga Blitar

Rabu, 31 Januari 2018 - 00:59 WIB
Ribuan Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Warga Blitar
Ribuan Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Warga Blitar
A A A
BLITAR - Pemerintah Kabupaten Blitar menyerahkan 1.350 sertifikat tanah kepada warga. Penyerahan ini menggenapkan kewajiban Kabupaten Blitar menyelesaikan 21.000 sertifikat pada tahun 2017.

"Jatah Kabupaten Blitar pada tahun 2017 sebanyak 21.000 bidang tanah, "ujar Bupati Blitar Rijanto kepada wartawan. Program sertifikasi massal ini bernama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional aturan main PTSL sama seperti Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona). Targetnya mendorong masyarakat untuk melegitimasi kepemilikan tanah, dengan memiliki sertifikat. Selama 2017, Kabupaten Blitar ditarget merampungkan 21.000 bidang tanah.

Menurut Rijanto tidak ada kendala berarti dalam penuntasan program sertifikat massal. Sertifikat tanah berhasil dibagikan kepada warga yang berdomisili di 17 desa dan 11 kecamatan. "Semuanya berjalan aman dan lancar. Termasuk masalah pembiayaan, "ungkapnya.

Meski target sertifikasi massal tahun 2017 berhasil dituntaskan, menurut Rijanto masih banyak tanah warga yang belum bersertifikat. Karenanya dia berharap, semua masalah agraria di Kabupaten Blitar bisa diselesaikan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Wilayah Jawa Timur Gusmin Tuarita mengatakan Provinsi Jawa Timur memiliki target sertifikat tanah tertinggi di Indonesia. Bersama pemerintah daerah, BPN, kata Gusmin lebih fokus pada segala persoalan lapangan.

"Jawa Timur merupakan salah satu daerah dengan target tertinggi di Indonesia. Karenanya kita bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, "jelasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7159 seconds (0.1#10.140)